Dialog Seni Sambut 50 Tahun SIMPASSRI

  • Whatsapp

* Bupati Soekirman: Jadikan Karya Seni dan Aktualisasi Budaya Untuk Semangat Membangun Daerah

Buananusantaraonline, com, Sei Rampah
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi oleh Kadis Parbudpora Henri Suharto SH dan Kadis Sosnakerkop Drs. Aguslan Simanjuntak Minggu (25/1) menghadiri dialog yang digelar oleh SIMPASSRI (Simpaian Seniman Seni Rupa Indonesia) bertempat di SIMPASSRI Gallery Jl. Letjend R.Suprapto No. 1A Medan.

Dialog ini dilaksanakan untuyk menyambut 50 tahun SIMPASSRI yang jatuh pada 18 Februari mendatang bertujuan untuk memberikan penghargaan sekaligus menjunjung tinggi kreativitas dalam bidang seni rupa sesuai dengan amanat UUD 1945 dan Pancasila. Selain itu juga untuk mendukung pembinaan dan pengembangan seni yang dapat menunjang kemajuan pembangunan daerah melalui karya seni dan aktualisasi budaya.

Demikian dikemukakan Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala yang disampaikan kepada Wartawan di Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (26/1).

Dilanjutkan oleh Kabag Indah bahwa Bupati Ir. H. Soekirman memberikan Apresiasi yang tinggi atas dilaksanakan kegiatan dialog dan pameran seni yang diadakan oleh SIMPASSRI ini. Seni dan budaya serta para penggiatnya selalu menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai. Dialog ini dimaksudkan untuk berbagi saran dan buah fikiran agar inspirasi-inspirasi dari seniman seni rupa dapat dijadikan semangat untuk membangun Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini menjadi lebih baik lagi, kata Kabag Indah.

Bupati Soekirman berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat membuka jendela maupun pintu-pintu yang jadi penghalang antara Pemerintah dan Seniman untuk saling menyatukan visi dan misi guna membangun daerah, jelas Kabag Indah.

Sementara itu lanjut Kabag Humas, Ketua SIMPASSRI Indonesia Fuad Erdansyah, M.Sn menjelaskan SIMPASSRI memiliki makna sebagai suatu ikatan persaudaraan para seniman seni rupa warga Negara Indonesia yang merasa terpanggil nurani kesenimanannya untuk menggali, memelihara serta mengembangkan kebudayaan Indonesia dan dapat tumbuh berdampingan dengan kebudayaan negara-negara lain secara mandiri.

SIMPASSRI akan mendukung penuh dan siap memberikan ide dan saran serta bersedia untuk dilibatkan dalam event apapun guna menunjang program pengembangan Seni dan Budaya yang diadakan pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Sergai, pungkas Kabag Indah.

Selain dialog seni, diadakan juga pameran seni rupa berupa lukisan dan fotografi karya seniman seni rupa Indonesia antara lain Sofian Sagala, Rasinta Tarigan, Reins Asmara, Oloan Situmorang, Fitri Evita, Soenoto Hs, Khaerul Saleh, Mangatas Pasaribu, Nazwir Nazar, Waan Saad, dan lainnya yang dimulai pada 20 Desember 2014 s/d 13 Pebruari 2015 serta pagelaran Pameran Tunggal Lukisan dari pelukis Suhendra yang akan diadakan pada Sabtu, 14 Pebruari 2015 di SIMPASSRI Gallery, tutup Kabag Indah. (ramadhan)