Walkot Medan: Puskesmas Pembantu Citra Pelayanan Pemko Medan

  • Whatsapp

Buananusantaraonline.com, MEDAN – Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan Puskesmas Pembantu sebagai Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Kesehatan Kota Medan merupakan bagian dari pemerintah kota harus senantiasa melakukan koordinasi dan komunikasi yang intensif dengan Legislatif, organisasi profesi dan stakeholder lainnya.

“Puskesmas Pembantu merupakan perpanjangan tangan pemerintah kota yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, di Puskesmas/Puskesmas Pembantu inilah citra pelayanan dan kinerja kesehatan pemerintah kota dinilai oleh masyarakat,” ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Kepala Puskesmas/Puskesmas Pembantu jajarn Dinas Kesehatan se Kota Medan, di Gedung Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Senin (9/3/2015).

Eldin mengungkapkan, pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat namun masih banyak keluhan di masyarakat tentang pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu, Puskesmas harus terus melayani masyarakat.

“Saya minta Kepala Puskesmas dan Kepala Puskesmas Pembantu jangan hanya duduk-duduk saja dan jangan juga jalan-jalan saja turun kemasyarakat, berikan edukasi kepada masyarakat ajak masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan mencegah itu lebih baik dari mengobati, dan dokter di Puskesmas/Puskesmas Pembantu membuat program kerja yang jelas dan hasilnya didata,” ujar Eldin.

Eldin meminta kepada Puskesmas/Puskesmas Pembantu agar betul-betul menjalan fungsi dan tanggung jawabnya didalam memberikan pelayanan kesehatan, berikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Selain itu juga Dinas Kesehatan agar bisa berkoordinasi dengan Rumah Sakit yang ada serta cepat dan tanggap agar tidak ditemuai lagi penyakit kronis tersebut di masyarakat seperti yang sering di temui selama ini.

“Saya berharap dari hasil rapat ini para dokter di Puskesmas/Puskesmas Pembantu dapat bertanggung jawab terhadap fungsi dan tugasnya, tidak hanya menunggu di kantor tetapi jemput bola datangi masyarakat melihat kondisi yang ada dan memberikan edukasi serta pencerahan tentang kesehatan,” harap Eldin. (Dip)