Kepala Daerah Tinjau Pelaksanaan UN SMP

  • Whatsapp

Buananusantaraonline.com, Tebing Tinggi – Sejumlah kepala daerah meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs yang dilaksanakan serentak mulai Senin (4/5). Di Tebingtinggi, Walikota Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Kadis Pendidikan Drs H Pardamean Siregar MAP meninjau lokasi pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Jalan Sutomo dan SMP Negeri 4 Jalan DI Panjaitan Kota Tebingtinggi.

Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, dalam tahun ini UN tidak menjadi penentu kelulusan siswa, untuk itu, dia mengimbau para siswa lebih tenang dalam menghadapi ujian. Disebutkan juga bahwa UN tingkat SMP/MTs tahun ini berbeda dengan UN tingkat SMA/MA dan SMK, di mana seluruh peserta UN tingkat SMP menggunakan ujian sistem manual atau menggunakan kertas.

“Sesuai dengan keputusan Mentri Pendidikan, nilai UN tidak menjadi penentu kelulusan siswa melainkan ada pertimbangan-pertimbangan lain yang menjadi penentu kelulusan, karena ada ujian sekolah lagi yang merupakan parameter untuk menentukan nilai dari para siswa. Untuk itu, diharapkan para siswa tidak stres dalam menjalani UN,” pesan walikota.

Dia juga berharap persentase kelulusan UN tahun ini bisa mencapai seratus persen seperti tahun lalu. Tahun ini terdapat 3.701 siswa SMP/MTs di Tebingtinggi yang mengikuti UN, masing-masing berasal SMP Negeri berjumlah 2.582 siswa, SMP Swasta 698 siswa, MTs Negeri 119 siswa dan MTs Swasta 299 siswa.

Sedangkan di Asahan, Bupati Drs H Taufan Gama Simatupang MAP meninjau langsung pelaksanaan hari pertama UN di SMP Negeri 2 Kisaran.

Orang nomor satu di Asahan ini berharap UN dapat berjalan dengan lancar dan mendapat nilai lulus. “Harapan kita UN SMP di Asahan harus lebih baik dan lulus. Dan yang paling penting berjalan dengan lancar, tertib dan aman, ” ujarnya.

Kadis Pendidikan Kabupaten Asahan Ismail,mengatakanUN tingkat SMP di Kabupaten Asahan diikuti 13.386 siswa. Terdiri dari 57 SMP Negeri sebanyak 6.976 siswa. 43 SMP swasta sebanyak 2094 siswa, 2 MTs Negeri sebanyak 342 siswa dan 79 MTs Swasta sebanyak 3.974 siswa.

Sedangkan di Deliserdang, sebanyak 29.542 siswa SMP sederajat mengikuti UN yang diikuti 367 sekolah negeri maupun swasta. Sekdakab Drs H Asrin Naim didampingi Asisten II Hj Saadah Lubis MAP, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dra Wastianna Harahap, Ka BKD Drs H M A Yusuf Siregar MAP, Kadis Infokom Drs Neken Ketaren, Kakan Kemenag Drs Ilhamsyah Pasaribu, Camat Lubukpakam Batara Rival Harahap MAP beserta muspika melakukan peninjauan UN di SMP Negeri 3 Lubukpakam selanjutnya menuju MTs Negeri Lubukpakam

Kadis Dikpora Dra Wastianna Harahap menjelaskan, sebanyak 29.542 peserta masing-masing dari pelajar SMP sebanyak 22.562 peserta dari 248 sekolah, siswa SMP Terbuka 105 peserta dari 3 sekolah, pelajar MTs 6.868 peserta berasal dari 114 sekolah dan peserta dari SMP Luar Biasa (LB) dengan 7 peserta berasal dari 2 sekolah.

Di Binjai, Asisten Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan Drs H Hamdani Hasibuan, Asisten Administrasi Umum Drs Khairul Azhar, didampingi Kadis Pendidikan Drs H Dwi Anang Wibowo, Ka BKD Drs H Amir Hamzah MAP meninjau pelaksanaan UN hari pertama di SMP Negeri 1 Binjai di jalan Sultan Hasanuddin dan MTs Negeri Binjai di Jalan Pekanbaru.

Kadis Pendidikan Kota Binjai Drs H Dwi Anang Wibowo, menjelaskan pelaksanaan UN di Kota Binjai pada hari pertama berjalan lancar, diikuti 6.148 siswa.

Sedangkan mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari keempat IPA dimulai pukul 07.30 sampai 09.30 WIB. (Ramadhan)