Bupati Soekirman Tinjau Tanaman Padi Hibrida di Hunan China  

  • Whatsapp

chinaBuananusantaraonline.com, Sei Rampah –  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman mendapat penghormatan berupa undangan dari  Consullate General of the People’s Republic of China untuk meninjau tanaman padi hibrida di Provinsi Hunan tepatnya di Kota Changsa pada tanggal 12-15 Mei 2015.

Dalam lawatan tersebut Bupati Soekirman didampingi Prof. Yuan Longping seorang ahli tanaman padi sedunia meninjau tanaman padi hibrida sekaligus melakukan pertemuan dengan pejabat terkait yang ada di Provinsi Hunan.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mempromosikan koperasi pertanian antara Provinsi Hunan China melalui konsulat jenderal yang ada di Medan Sumatera Utara (Sumut) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai. Dalam hal ini Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan satu-satunya Kabupaten di Sumut yang mendapat undangan tersebut.

Demikian dikemukakan Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala yang disampaikan kepada wartawan di komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (18/5).

Dikatakan oleh Bupati Sergai bahwa 6 milyar jumlah penduduk dunia sebagian besar mengkonsumsi beras, dengan demikian membutuhkan pangan. Akan tetapi jumlah penduduk yang kian bertambah sementara jumlah lahan yang ada semakin berkurang, hal ini membutuhkan inovasi untuk meningkatkan produksi pertanian, kata Kabag Humas.

Dijelaskan Kabag Indah bukan hanya sekedar inovasi dan pengetahuan tentang tanaman padi saja namun harus dibarengi dengan usaha produksi. Hasil bisa meningkat apabila benih bermutu mudah didapatkan. Untuk itu Pemerintah Provinsi Hunan membuat pusat riset khusus untuk tanaman padi yang dinamakan HRRCD (Human Rice Riset Centre Development)  dikepalai oleh Prof Yuan Longping. Dengan adanya berbagai inovasi serta teknologi di Provinsi Hunan, tanaman padi hybrida yang dipanen pada masa percobaan dapat menghasilkan produksi 16,4 ton/Ha.

Hasil dari kunjungan tersebut kata Bupati Soekirman, Kabupaten Sergai yang mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan luas tanam yang memadai dapat dijadikan lahan tanaman padi. Untuk itu Pemerintah China khususnya Provinsi Hunan yang menerapkan HRRCD tertarik membantu Pemkab Sergai dalam hal teknologi dan pengadaan benih padi hibrida.

Turut mendampingi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny. Hj Evi Diana Erry, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Fajar dari Provinsi Bersaudara China, Wahudin dari INTI Sumut  serta Yuswan, Darsono dan Iskandar dari Angkasa Pura, kata Kabag Humas. (Ramadhan)

Teks Photo :

CENDERAMATA : Bupati Sergai  Ir. H. Soekirman tengah memberikan cenderamata kepada Human Rice Riset Centre Development (HRRCD)  Prof Yuan Longpin disela-sela kunjungannya meninjau tanaman padi hibrida di Provinsi Hunan di Kota Changsa pada tanggal 12-15 Mei 2015 lalu. Photo : Doc.BNO/WR