237 Kades se-Sergai Ikuti Sosialisasi Kebijakan Dana Desa

  • Whatsapp

kades

Buananusantaraonline.com. Sei Rampah- 237 Kepala Desa (Kades) dari 17 Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti Sosialisasi Kebijakan Dana Desa yang Bersumber dari APBN Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan Republik Indonesia, bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (25/5).

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dihadiri Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementrian Keuangan RI Dr. Robert Pakpahan, perwakilan Ditjen PMD Kementrian Dalam Negeri, perwakilan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, Anggota DPR-RI Komisi XI Ir. Nurdin Tampubolon, Ketua DPRD Sergai Drs. H. Syahlan Siregar, ST, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta Kepala SKPD dan Camat se-Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi dana desa pada hari ini, mengingat sosialisasi ini sangat penting guna memperoleh kejelasan tentang dana desa dan mekanisme penggunaan serta pertanggungjawaban.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan transfer pengetahuan dasar dan bersifat aplikatif, bertujuan untuk memberi pemahaman dasar sebelum Kades melaksanakan tugas penggunaan dan pengelolaan dana desa. Lebih lanjut Bupati mengingatkan bahwa akan semakin berat tanggungjawab para Kades dalam pengelolaan keuangan dana desa maka para kades dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) didalam pelaksanaan kewenangan agar dilaksanakan dengan lebih baik dan benar serta tidak melanggar ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman dengan adanya sosialisasi ini para Kades nantinya dapat lebih paham dalam penggunaan dana desa, sehingga dapat terhindar dari penyalahgunaan dana desa tersebut sejalan dengan visi Kabupaten Sergai “Mewujudkan Kabupaten terbaik di Indonesia  dengan masyarakat yang pancasilais, religius, kompetitif dan berwawasan lingkungan” dapat tercapai.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementrian Keuangan RI, Dr. Robert Pakpahan menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia telah memasuki babak baru dalam sejarah pemerintah daerah dimana untuk mempercepat realisasi visi misi pemerintahan baru yang tertuang dalam nawa cita. Yang salah satu program digagas adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan, maka anggaran dana desa dalam APBN 2015 akan ditambah. Penambahan anggaran dana desa tersebut, juga akan diikuti dengan perubahan formula perhitungan dana desa, yang dimaksud agar tidak terdapat kesenjangan yang tinggi antar desa terhadap dana desa yang akan diterimanya.

Kemudian cita-cita untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat desa melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 merupakan tugas berat kita semua baik di level pemerintahan pusat maupun daerah. Untuk itu kami di Pemerintahan Pusat khususnya Kementrian Keuangan akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menyalurkan dana desa, tahap pertama di bulan April nanti, disamping itu kami juga akan berusaha memenuhi amanat UU Desa yaitu menganggarkan Dana Desa sebesar 10% dari transfer ke daerah pada 2017 nanti, ujarnya.

Senada dengan ucapan Dirjen, anggota DPR-RI Komisi XI Ir. Nurdin Tampubolon mengatakan bahwa DPR dan Pemerintah telah sangat aktif untuk memberikan bantuan kepada rakyat guna kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi semua. Oleh karenanya pergunakanlah pertemuan ini dengan sebaik-baiknya agar penggunaan dana desa efektif dan tepat sasaran, tukas Nurdin. (Ramadhan)

Teks Photo :

CENDERAMATA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Sergai Dra. H. Haris Fadillah, M.Si bersama Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST memberikan cenderamata kepada Anggota DPR RI Nurdin Tampubolon dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementrian Keuangan RI, Dr. Robert Pakpahan pada Sosialisasi Kebijakan Dana Desa Bersumber dari APBN Tahun 2015 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (25/5). Photo : Doc. BNO/WR