Bupati Sergai : “Prioritaskan Pembangunan dari Kemandirian Desa menuju Kesejahtaraan Masyarakat”  

  • Whatsapp

alat21Buananusantaraonline.com, Tanjung Beringin – Pembangunan Indonesia dari pinggiran yang berfokus pada pengembangan perdesaan dikuatkan dengan disahkannya UU tentang Desa, yang didukung PP No 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa secara sistematis, konsisten dan berkelanjutan dengan fasilitasi, supervisi dan pendampingan. Pendampingan desa itu bukan hanya sekedar menjalankan amanat UU Desa, tetapi juga modalitas penting untuk mengawal perubahan desa untuk mewujudkan desa yang mandiri dan inovatif.

Demikian dikemukakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya saat menghadiri acara Temu Aspirasi yang mengusung tema “Prioritas pembangunan dari pinggir menuju kemandirian desa” bertempat di lapangan Al Wasliyah Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Selasa Sore (19/5).

Acara yang dimeriahkan oleh artis ibukota Deswa dan Nae Malpinas turut dihadiri, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kepala SKPD, Camat Tanjung Beringin Sudarno, S.Sos, Ketua MUI H Lukman Yahya, Ketua FKUB Drs. H. Irfan Elfuadi Lubis, Ketua Himasdat, Muspika Kecamatan Tanjung Beringin, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh perempuan.

Dilanjutkan Bupati Soekirman, pembangunan desa sebagai peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-sebesarnya kesejahteraan masyarakat desa. Karena untuk memajukan suatu daerah harus dimulai dari desa. Sebuah desa dikatakan mengalami kemajuan apabila  masyarakatnya hidup sejahtera dengan kebutuhan pangan yang tercukupi. Oleh karenanya mari bersama-sama kita membangun dan memperhatikan desa agar kita mencapai kemajuan tersebut, papar Bupati Soekirman.

Bupati Soekirman menambahkan pelaksanaan kegiatan temu aspirasi ini sebagai upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa serta sebagai dasar dalam meningkatkan kemampuan masyarakat sebagai pelaku utama dalam proses pembangunan yang partisipatif.

Sementara itu Ketua Panita Kepala BPMPD H. Karno SH, MAP melaporkan tujuan pelaksanaan kegitan sebagai pedoman dalam meningkatkan peran kelembagaan desa dalam pemberdayaan masyarakat yang aspiratif dalam pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri dan sejahtera.

Disela-sela acara dilaksanakan pelantikan MUI Kecamatan Tanjung Beringin yang dilantik langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Sergai H Lukman Yahya. ( ramadhan)

Teks Photo :

ALAT GOTONG ROYONG : Bupati Sergai  Ir. H. Soekirman didampingi Kepala BPMPD H. Karno SH, MAP dan Camat Tanjung Beringin Sudarno, S.Sos,  penyerahan alat gotong royong pada acara Temu Aspirasi bertempat di lapangan Al Wasliyah Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Selasa Sore (19/5). Photo : Doc. BNO/WR