Pemkab Sergai Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp

tanda peserta 1Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman membuka secara resmi Pelatihan Jurnalistik Wartawan Unit Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tahun 2015 bertempat di Karo Room Novotel Soechi International Hotel Jalan Cirebon Medan, Jumat malam (22/5).

Turut mendampingi Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Agus Trippriyono SE, Ak, Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Herlan Panggabean, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, para SKPD dan para Camat.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya saat membuka secara resmi acara tersebut mengatakan bahwa keberadaan pers merupakan mitra dalam menyampaikan informasi pembangunan daerah, apalagi fungsi dan peran pers tidak dapat dipisahkan dari penyelenggaran pemerintah. Sejak era reformasi peran pers mengalami perputaran180 derajat dari era orde baru hingga sampai di era bebas berpendapat dan bebas menulis. Maka itu diharapkan pers dapat membentuk opini publik sesuai dengan ketentuan kode etik.

Hal ini tentu untuk mendukung program Nawacita Presiden RI yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan demokratis,membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program Indonesia Pintar, Indonesia Kerja dan Indonesia Sejahtera, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dan yang terakhir memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan. 

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa tahun ini kita akan menghadapi pesta demokrasi dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dilaksanakan oleh 269 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Oleh karena itu sebagai upaya dalam mewujudkan keberhasilan pilkada tersebut tentu membutuhkan sinergi dari berbagai pihak diantaranya media dan pers, karena itu diharapkan nantinya dapat menciptakan Pilkada yang aman dan damai, ujar Bupati.

Mengakhiri sambutannya H. Soekirman berharap dengan adanya pelatihan ini bukan hanya menjadi ajang untuk berdebat, tetapi juga sarana mengasah ilmu tentang jurnalistik dan berdiskusi dengan para narasumber agar nantinya berita yang disajikan bersifat konstruktif sehingga bisa dipertanggungjawabkan, pungkas Soekirman.

Sebelumnya Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala melaporkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 22-24 Mei 2015 ini bertujuan sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh peserta tentang wawasan dan pengetahuan dibidang jurnalistik kepada wartawan unit Pemkab Sergai agar lebih bisa memberikan informasi akurat dan fakta tentang Pilkada sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mempererat silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Sergai dengan insan pers dalam rangka mempublikasi program-program maupun hasil-hasil kerja pembangunan yg telah diciptakan Pemerintah sehingga dapat  dapat mengimplementasikan Tri Sukses Birokrasi Pemerintah Sergai yakni Sukses Administrasi dan Regulasi,Sukses Koordinasi, Supervisi, dan Pelaporan, dan Sukses Pilkada 2015, jelas Kabag Indah.

Pelatihan diisi dengan penyampaian materi dari Ketua PWI Sumut Drs. M. Syahrir, Koordinator Divisi Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan Agoes Perdana, Akademi USU Sumut Drs. Hendra Harahap, M.Si dan dari Komisioner KPU Sergai Ir. M. Rizwan MP. (Ramadhan)

Teks Photo :

TANDA PESERTA : Bupati Sergai  Ir. H. Soekirman didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Drs. H. Haris Fadillah, M.Si menyematkan tanda peserta pada acara Pelatihan Jurnalistik Wartawan Unit Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2015 bertempat di Karo Room Hotel Novotel Soechi Medan, Jumat malam (22/5).Photo : Doc. BNO/WR