Sergai Canangkan Gerakan Kabupaten Sayang Lansia

  • Whatsapp

* Bupati Soekirman Ajak Elemen Masyarakat Untuk Mencintai Orang Tua

lansia 

Buananusantaraonline.com, Pantai Cermin – Pertumbuhan dan proporsi penduduk lanjut usia (lansia) semakin meningat, sejalan dengan meningkatnya pelayanan pembangunan. Oleh karena itu lansia Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) harus memposisikan diri sebagai potensi pembangunan yang mampu sejahtera dan bermartabat, bukan sebagai beban pembangunan. Sebagai pelaksana pembangunan kesejahteraan sosial, dirasa sangat penting peran serta para lanjut usia.

Demikian dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam arahan dan bimbingannya pada acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2015 tingkat Kabupaten Sergai di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (21/5).

 Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Anggota DPRD Sergai Dra. Wahyuni, Tengku Mahairdin, para Kepala SKPD, Camat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, Program Keluarga Harapan (PKH) serta masyarakat sekitar.

Dilanjutkan Bupati Soekirman para lansia adalah tokoh yang dapat berfungsi sebagai pemelihara nilai dan norma sosial, mereka adalah penjaga rambu-rambu sosial, lembaga pelestari nilai-nilai kesetiakawanan sosial dan sekaligus pewaris budaya bangsa.

Di Kabupaten Sergai terdapat masyarakat lansia usia umur 60 tahun ke atas sebanyak 47.203 jiwa terdiri dari kakek sebanyak 22.436 jiwa dan nenek sebanyak 24.767 jiwa. Sedangkan struktur penduduk Kabupaten Sergai terdiri dari 35,5% penduduk tidak produktif dan 64,5% penduduk produktif. Dependency Ratio yang menunjukkan tingkat ketergantungan penduduk usia non produktif terhadap penduduk usia produktif, papar Bupati Soekirman.

Sebagai pembina lansia Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, Bupati Soekirman mengucapkan terimakasih kepada seluruh lansia yang  hadir dari berbagai Kecamatan. Meskipun telah berusia lanjut akan tetapi masih bersemangat dalam melakukan kegiatan maupun hal-hal yang positif sehingga bisa disebut “tua berguna dan berkualitas”.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai serta elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mencintai orang tua kita, kata Bupati Soekirman.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia HLUN Kabupaten Sergai Aguslan Simanjuntak SE melaporkan kegiatan yang mengusung tema “Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Komda Lansia dan Karang Taruna mencanangkan Sergai sebagai Kabupaten Sayang Lansia”. Dalam peringatan HLUN ini diwarnai dengan kegiatan pertandingan catur dan congklak, ssosialisasi hidup sehat bagi lansia dan pemeriksaan kesehatan. (Ramadhan).

Teks Photo :

SAYANG LANSIA : Bupati Sergai  Ir. H. Soekirman  tengah membacakan naskah pencanangan “Gerakan  Kabupaten Sayang Lansia” pada acara peringatan HLUN Tahun 2015 tingkat Kabupaten Sergai di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (21/5) Photo : Doc. BNO/WR