Wakil Walikota Jenguk Warga Keracunan Tahu

  • Whatsapp

Buananusantaraonline.com, Tebing Tinggi – Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar menjenguk sejumlah warga yang masih menjalani rawat inap di RSUD Kumpulan Pane akibat mengkonsumsi tahu beracun yang dibeli di Pasar Inpres Kelurahan Badak Bejuang Kota Tebingtinggi, Kamis (21/5).

Dalam kunjungan tersebut, Oki Doni Siregar mempertanyakan asal muasal kejadian yang baru pertama sekali terjadi di kota itu. Menurut salah Rahini seorang pasien, dia membeli tahu di Pasar Inpres Jalan Senangin Kelurahan Badak Bejuang, seperti hari-hari biasa, tahu tersebut diolah menjadi lauk untuk dimakan bersama-sama dengan keluarga.

Beberapa saat setelah bersantap, perut rasanya langsung mual-mual, kepala pusing dan muntah-muntah, hal yang sama dirasakan oleh anggota keluarga yang menyantap tahu tersebut, “Bahkan yang makan tahu kadarnya lebih banyak sempat mengalami pingsan, selanjutnya kami dibawa ke rumah sakit”, ujar Rahini.

Atas kejadian tersebut, Oki meminta Kepala Dinas Kesehatan Tebingtinggi bekerja sama dengan aparat hukum lainnya segera mencari kepastian jenis racun apa yang terkandung dalam tahu yang nyaris merenggut korban jiwa tersebut.

“Kita perlu kejelasan yang pasti apa penyebabnya, jika keracunan, racun apa dan berasal dari mana, agar kita segera mengambil kebijakan, jangan sampai ada jatuh korban lainnya nanti”, ujar Oki Doni Siregar.

Di RSUD Kumpulan Pane, Oki Doni Siregar sempat berang dengan Kepala Dinas Kesehatan Tebingtinggi dr Tengku Amri Fadli MKes yang dihubunginya lewat HP tidak memperoleh jawaban, guna mempertanyakan bagaimana penggunaan dana BPJS para korban, karena tidak mendapat jawaban Wakil Walikota menghubungi staf di dinkes setempat.

Kepada staf di Dinas Kesehatan diperintahkan Wakil Walikota untuk segera menangani masalah pembiayaan para pasien, “Jangan lagi bertele-tele, segera berikan kemudahan buat mereka, masakan urusan seperti itu saja lama sekali,” cetus Oki via seluler-nya. (Ramadhan)