Dewan Kesenian Tebingtinggi Peroleh Rp 200 Juta

  • Whatsapp

 

Buananusantaraonline.com, Tebing Tinggi Meskipun hingga kini Dewan Kesenian Kota Tebingtinggi belum memiliki payung hukum yang tetap, namun kepedulian pemerintah kota terhadap wadah yang menaungi para seniman di kota itu cukup baik, hal itu terlihat dari besarnya anggaran APBD 2015 yang dialokasikan sebesar Rp 200 juta.
Besarnya anggaran yang dikelola dewan kesenian untuk membina sanggar-sanggar seni serta melestarikan kebudayaan daerah pada tahun anggaran 2015 ini sangat berbeda jauh jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2011 besaran anggaran yang diberikan Rp 50 juta, angka tersebut semakin menurun pada tahun-tahun sesudahnya, yakni Rp 30 juta pada tahun 2012 dan Rp 20 juta di tahun 2013. Bahkan di tahun 2014, dewan kesenian di kota itu sama sekali tidak memperoleh anggaran untuk dikelola.

Hal itu diakui Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Tebingtinggi H Azhar Efendi Lubis SE melalui Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Hj Kartini SPd saat ditemui wartawan, Rabu (27/5) di kantornya Jalan Veteran Kota Tebingtinggi.

Menurutnya, kondisi tersebut akibat keberadaan Dewan Kesenian Kota Tebingtinggi yang belum memiliki payung hukum tetap. “Hingga kini Dewan Kesenian Tebingtinggi belum memiliki payung hukum, sehingga pemerintah kota (mungkin) ragu-ragu memberikan alokasi anggaran, tapi syukurlah tahun ini dewan kesenian bisa melaksanakan program-program kegiatannya berkat kepedulian serta dukungan Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan,” katanya.

Ditambahkan, pembentukan Dewan Kesenian Kota Tebingtinggi priode 2011-2016 dilakukan melalui musyawarah yang diikuti oleh para seniman sastra, teater, musik, seni rupa, tari dan kesenian tradisional yang ada di Kota Tebingtinggi. Adapun hasil dari musyawarah selanjutnya dikukuhkan Walikota Tebingtinggi melalui Surat Keputusan Nomor : 431/189 tahun 2011 tertanggal 21 Maret 2011. Terpilih sebagai Ketua Dewan Kesenian Zubaidah SPd, Sekretaris Safaruddin SSos serta Bendahara Asril Siregar SPd.

“Beberapa program kegiatan Dewan Kesenian Kota Tebingtinggi yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 antara lain, gebyar seni budaya, pembinaan sanggar-sanggar seni, penyelenggaraan perlombaan seni budaya serta kunjungan kebudayaan, kita berharap dengan dukungan anggaran yang ada semua program tersebut bisa terlaksana dengan baik,” harap Hj Kartini. (WR)