Jamu Sawah Masyarakat Bandar Khalipah

  • Whatsapp

* Bupati Ir. H. Soekirman : Sinergitas Untuk Bersatu Tingkatkan Komunikasi Guna Kemajuan Daerah

 Tepung Tawar Benih

Buananusantaraonline.com, Bandar Khalipah – Sebagai wujud syukur atas keberhasilan panen padi pada masa musim tanam sebelumnya sekaligus memanjatkan doa sebagai penyemangat dalam menyambut musim tanam baru, ratusan masyarakat Kecamatan Bandar Khalifah menggelar acara syukuran panen dan jamu sawah yang dihadiri Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman di Dusun II Desa Gelam Sei Serimah Kecamatan Bandar Khalipah, Rabu (27/5).          

  Dihadapan para petani, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakan  bahwa kita harus selalu merasa bersyukur atas apa yang dianugerahkan kepada kita, terlebih pada hasil panen yang merupakan nikmat bagi kita semua. Seperti kita ketahui Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan salah satu lumbung padi di Propinsi Sumatera Utara sekaligus pendukung program surplus beras yang sedang ditargetkan pemerintah pusat.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sergai, Bupati Soekirman memberikan apresiasi tentang keberhasilan panen padi saat ini. Untuk itu kedepannya diharapkan kesuksesan panen ini terus ditingkatkan, hal ini tentu menjadi tugas bersama antara petani dengan para penyuluh pertanian serta instansi terkait untuk mengetahui pola tanam yang baik di masa-masa mendatang. Untuk mencapai keberhasilan tersebut diperlukan juga adanya sinergitas semua elemen masyarakat, serta selalu berkomunikasi yang baik dalam menyampaikan informasi. “Mari bersatu menyatukan kesepahaman serta meningkatkan pembangunan dan kemajuan  daerah” kata Bupati Soekirman.

Mengenai peningkatan produksi pertanian, Bupati H. Soekirman menceritakan tentang lawatannya ke- Kota Changsa Provinsi Hunan Cina bulan pada Mei yang lalu. Dinegeri tersebut untuk mengatasi kelangkaan pangan yang diakibatkan peningkatan jumlah penduduk, Pemerintah Provinsi Hunan melakukan inovasi untuk meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya membuat pusat riset khusus untuk tanaman padi yang dinamakan Human Rice Riset Centre Development (HRRCD) untuk tanaman padi hybrida yang dipanen pada masa percobaan dapat menghasilkan produksi 16,4 ton/Ha.

Bupati Soekirman berharap inovasi seperti yang dilakukan di negeri China ini tentunya dapat kita terapkan di Kabupaten Sergai agar kita tidak kekurangan bahan pangan khususnya beras, apalagi sekarang banyak tersebar issue tentang peredaran beras plastik. Hal ini tentunya menjadi tugas kita bersama dalam mengawasi peredaran beras tersebut sehingga daerah kita tidak dijadikan sasaran penjualan beras tersebut, pungkas Soekirman.

            Sebelumnya Ketua Gapoktan Sepakat Kuswadi menyampaikan bahwa acara syukuran sekaligus jamu sawah ini merupakan budaya lokal yang harus dilestarikan karena sudah bertahun-tahun berlangsung di tengah masyarakat Kabupaten ini. Jamu sawah ini merupakan ungkapan rasa syukur para petani juga warga karena hasil panen tahun ini sangat memuaskan.

Kegiatan yang diahadiri anggota DPRD Defriyati Tamba, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Syafaruddin, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Bandar Khalifah Patricia Banjarnahor S.Sos, Muspika Bandar Khalifah, Gapoktan Sepakat, P3A, penyuluh pertanian, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat ditutup dengan tepung tawar benih padi dan makan siang hasil panen bersama masyarakat Kecamatan Bandar Khalipah. (Ramadhan)

Teks Photo :

TEPUNG TAWAR BENIH : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Syafaruddin, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala dan Camat Bandar Khalifah Patricia Banjarnahor S.Sos bersama anggota DPRD Defriyati Tamba SPd sedang menepungtawari benih padi yang akan ditanam pada acara Jamu Sawah di Dusun II Desa Gelam Sei Serimah Kecamatan Bandar Khalipah, Rabu (27/5), Photo : DOc. BNO/WR