Bupati Sergai Terima Kunker Pemkab Sidoarjo

  • Whatsapp

cendera mata kunker

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si secara langsung menerima kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur dalam rangka Studi Komparasi (pembandingan) terkait Pelayananan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Pemerintahan Desa bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (3/6).

Turut hadir pada kesempatan itu Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan M.Si, Kabag Pemerintahan Chairin F Simanjuntak S.Sos, MM, Camat Dolok Merawan M. Syafransyah P Nasution S.STP, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto SH serta para perwakilan SKPD. Sedangkan rombongan Pemkab Sidoarjo yang diketuai oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Drs. Fauzi Iswandiari terdiri dari para Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Sidoarjo.

Mengawali sambutannya Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada rombongan yang telah menjadikan Kabupaten Sergai sebagai salah satu tempat tujuan kunker pemerintahan terutama didalam rangka memperluas informasi tentang implementasi PATEN sesuai dengan Peraturan Mendagri Nomor 4 Tahun 2010 serta untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal Pemerintahan Desa. Hal ini terkait dengan prestasi yang telah diraih Kecamatan Dolok Merawan yaitu PATEN Award 2013 dari Kementrian Dalam Negeri RI sebagai Kecamatan Terbaik Pelaksana PATEN dan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sumut yang menerima penghargaan tersebut bersama 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Kemudian dalam hal Pemerintahan Desa, sebagai Desa Terbaik Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kabupaten Sergai yaitu Desa Melati II Kecamatan Perbaungan.

Lebih lanjut Sekdakab Haris Fadillah menjelaskan bahwa Kabupaten yang luas wilayahnya 1.900,22 km2,  dengan jumlah penduduk 594.383 jiwa, terdiri 17 Kecamatan dan 237 Desa serta 6 Kelurahan dan beribukota Sei Rampah ini merupakan daerah otonomi yang dimekarkan dari Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan UU RI Nomor 36 Tahun 2003 pada tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai pada 18 Desember 2003 lalu. Saat ini Kabupaten Sergai telah berusia 11 Tahun dengan anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2014 yang telah disyahkan pada akhir Desember 2013 lalu berjumlah Rp 1,1 trilyun, ujar Sekdakab Sergai.

Mengakhiri sambutannya Drs. H. Haris Fadillah berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk bertukar ilmu dan pengetahuan dan saling mengambil manfaat guna diaplikasikan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Setdakab Sidoarjo Drs. Fauzi Iswandiari dalam sambutan menyampaikan rasa terima kasih dan apreasiasi yang tinggi kepada Pemkab Sergai atas diterimanya kunker ini dengan maksud untuk mempelajari dan saling menimba ilmu guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan bahwa pada tahun 2013, Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu Kabupaten yang masuk dalam kategori 36 Best Practice Kabupaten/Kota Terbaik se-Indonesia dalam hal Implementasi PATEN berdasarkan hasil evaluasi dari Kementrian Dalam Negeri Dirjen Pemerintahan Umum bersama dengan Kabupaten Serdang Bedagai. Untuk itu diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat saling bertukar pengalaman guna meningkatkan semangat akan pentingnya kompetisi dan inovasi dari masing-masing kecamatan  secara mandiri dalam memberikan pelayanan publik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ungkap Drs. Fauzi Iswandiari. (RaMADHAN)

Teks Photo :

CENDERAMATA : Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si didampingi Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si dan Kabag Pemerintahan dan Kerjasama Chairin F Simanjuntak S.Sos, MM menyerahkan cenderamata kepada  Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Drs. Fauzi Iswandiari usai acara Kunjungan Kerja Pemkab Sidoarjo, Jawa Timur dalam rangka Studi Komparasi terkait PATEN dan Pemerintahan Desa bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (3/6).Photo : Doc.BNO/WR