Pelantikan Pengurus Karang Taruna se-Kabupaten Sergai

  • Whatsapp

* Bupati Soekirman: Tingkatkan Koordinasi, Kolaborasi dan Komunikasi Demi Kesejahteraan Sosial

serahkan patakaBuananusantaraonline.com, Pantai Cermin – Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten/Kota. Karang Taruna didirikan dengan tujuan antara lain terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda.

Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada kegiatan Pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Sergai tahun 2015 yang dilaksanakan di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Jumat Sore (29/5).

Lebih lanjut dikemukakan oleh Bupati Soekirman bahwa karang taruna sebagai tenaga penggerak untuk meningkatkan pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya supaya dapat berkoordinasi, kolaborasi, komunikasi dan bekerja sama antara karang taruna. Dengan demikian koordinasi, konstruktif dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) selaku pembina fungsional kedepannya apa yang dikerjakan seiring sejalan.

Sebagai Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) karang taruna yang bergerak dibidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) perlu untuk meningkatkan kualitas kelembagaan sehingga pada akhirnya dapat membina generasi muda secara lebih efektif dan efisien khususnya dalam kegiatan UKS, terutama dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), papar Bupati Soekirman.

Bupati Soekirman berharap agar kepengurusan karang taruna dapat menggali aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial dimasing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada. Sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategis penanganan permasalahan sosial sehingga secara bertahap tapi pasti grafik permasalahan kesejahteraan sosial khususnya Kabupaten Sergai dapat ditekan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pungkas Bupati Soekirman.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, para SKPD dan Camat, Muspika, Ketua Karang Taruna Sumut, Ketua Karang Taruna Sergai serta ribuan undangan dari berbagai Kecamatan se-Sergai.

Dalam kesempatan yang sama Camat Pantai Cermin mewakili Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan tujuan dari terbentuknya karang taruna khususnya di daerah ini untuk membantu dan memberikan pengarahan pada para pengunjung yang datang ke Pantai agar berkunjung pada pantai yang telah disediakan, bukan berkunjung ke pantai yang dilarang untuk didatangi

Sedangkan Ketua Karang taruna Sergai Kisman mengucapkan terimakasih atas bantuan dari jajaran Pemkab Sergai sebagai pembina fungsional yang telah banyak membantu dalam melaksanakan kegiatan karang taruna seperti melakukan pembinaan teknis berupa pelatihan manajemen organisasi, bimbingan keterampilan pemberian bantuan stimulan dalam bentuk pengembangan usaha ekonomi produktif.

Pelantikan Pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa/Kelurahan ini masih untuk empat kecamatan yakni Kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan, Pegajahan dan Kecamatan Teluk Mengkudu, tandas Kisman. (Ramadhan)

Teks Photo :

SERAHKAN PATAKA Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyerahkan bendera pataka kepada Ketua Karang Taruna Kecamatan Teluk Mengkudu usai melantik Pengurus Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Sergai tahun 2015 yang dilaksanakan di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Jumat Sore (29/5)Photo : (Doc, BNO/WR)