Pemkab Sergai Sampaikan 2 Ranperda

  • Whatsapp

ranperda

*  Integrasi, Sinkronisasi dan Sinergitas Ciptakan  Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah

 

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si pada Rabu (3/6) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Sei Rampah secara resmi menyampaikan 2 (dua) nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST.

Dalam nota pengantar yang ditandatangani Bupati Soekirman, Ranperda tersebut merupakan usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan telah ditetapkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Prolegda) pada tanggal 2 April lalu. Adapun kedua Ranperda yang dimaksud adalah pertama Ranperda Kabupaten Sergai tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, kedua Ranperda tentang Tata Cara Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sergai, kata Sekdakab Haris Fadillah.           

Disampaikan oleh Bupati Soekirman bahwa Ranperda tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan Dan Pemberhentian Kepala Daerah ini sangat dibutuhkan sebagai payung hukum penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa di Sergai. Peraturan ini disusun dengan berpedoman pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa yang berbeda dengan Perda sebelumnya. Selain itu dengan terbitnya Perda ini nantinya dapat menjawab permasalahan yang muncul ketika penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa dilaksanakan.

 Demikian juga dengan Ranperda tentang Tata Cara Dan Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sergai yang turut diajukan untuk dilakukan pembahasan secara bersama-sama oleh pihak legislatif dan eksekutif. Hal ini diharapkan apabila telah ditetapkan sebagai produk hukum daerah dapat dijadikan acuan bagi semua stakeholder dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah sehingga tercipta integrasi, sinkronisasi dan sinergitas baik antar daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah pusat dan daerah serta  menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran dan pengawasan dengan mengoptimalkan partisipasi masyarakat serta penggunaan serta sumber daya secara efisien, efektif dan berkelanjutan, ungkap Sekdakab Sergai.

Selain itu kehadiran Ranperda ini merupakan amanat dari pasal 27 ayat (2) UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

 Rapat paripurna yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Riady S.Pd, para anggota DPRD, para Asisten dan Staf ahli Bupati serta Kepala SKPD. Ramadhan)

Teks Photo :

RANPERDA Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, MSi menyerahkan nota pengantar Ranperda kepada Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Sei Rampah, Rabu (3/6). Photo : (Doc. BNO/WR)