Pesta Budaya Kerabat Regional V

  • Whatsapp

* Bupati H. Soekirman : Identitas bangsa merupakan manifestasi nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan

ondolani 

Buananusantaraonline.com, Dolok Masihul – Kembali ribuan masyarakat yang tergabung dalam Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Regional V meliputi Kecamatan Sipispis, Dolok Masihul, Serba Jadi, Bintang Bayu, Kotarih dan Kecamatan Silinda  tumpah ruah merayakan Pesta Budaya Batak di halaman Yayasan Perguruan YAPIM di Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul, Sabtu (31/5).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman disambut dengan memakaikan (mangusei)seperangkat pakaian adat Simalungun yang disebut Hiou sebagai simbol penghormatan dan kasih sayang kepada Pemimpin tertinggi di Kabupaten ini. Pakaian adat ini juga sebagai simbol doa dari masyarakat Simalungun agar Bupati Soekirman senantiasa mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa serta sukses mencapai tujuan.

Selain itu Bupati Soekirman juga dipersilahkan memijak Rudang Sai serta menerima Dayok Nabinatur (Air Pencuci Muka)sebagai simbol mensucikan hati serta menjauhkan segala halangan dan rintangan dalam mencapai tujuan.

Turut hadir para Anggota DPRD Sergai, Ketua DPW Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Kepala SKPD, Camat dari Regional V, Muspika Dolok Masihul, Ketua DPC Kerabat Drs. Joni  Walker Manik, MM beserta para anggota, Kades, tokoh masyarakat, tokoh adat, organisasi seperti Si Baja, Paguyuban Suko Budoyo, Himasdat dan MABMI.

Acara disuguhkan dengan adat Suku Batak Simalungun yang diisi dengan Tari-tarian Simalungun dan Tari Jawa dari Group Tari SMAN 1 dan SMPN 1 Dolok Masihul.

Disela-sela acara, tokoh adat perwakilan marga-marga di Suku Batak Simalungun menyampaikan aspirasi serta Ondolan ni Supak (bekal berjuang) sebagai simbol doa restu dari masyarakat Batak Simalungun di Sergai.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang terdiri dari multi etnis yang juga turut mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pesta seni dan budaya khususnya budaya Batak.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa identitas bangsa pada hakikatnya merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang diberbagai aspek kehidupan. Dengan adat dan budaya tersebutlah yang membedakan suatu bangsa dengan bangsa lain.

Oleh karena itu dengan melestarikan budaya daerah akan berpengaruh terhadap upaya pemersatu bangsa, karena sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda tentang silsilah dan asal usul budaya, jelas Bupati Sergai Soekirman.

Mengakhiri sambutannya Bupati Sergai mengatakan bahwa dasar budaya Simalungun adalah habonaron do bona yang artinya kebenaran adalah pangkal, dan filosofi ini telah dijadikan sebagai motto hidup suku Batak Simalungun dimanapun berada. Begitu juga dengan “Sapangambei manoktok hitei” yang artinya adalah bersama-sama membangun gotong royong dan bahu-membahu untuk membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat. Untuk itu Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bekerjasama dan bekerja guna membantu dan mendukung keberlanjutan pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. “Mari kita jadikan Kabupaten ini berbudaya dengan segala norma-normanya dengan mempersatukan segala perbedaan dalam kebhinekaan”, pungkas H. Soekirman.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPC Kerabat CH Damanik menyampaikan kegiatan budaya ini untuk menumbuhkembangkan rasa sayang dan rasa cinta akan adat dan budaya kepada seluruh masyarakat Sergai khususnya generasi muda kita sesuai dengan Motto Kabupaten yakni Tanah Bertuah Negeri Beradat. Momentum kebersamaan yang teraktualisasi dalam penyelenggaraan pesta seni dan budaya Batak Kerabat ini harus dipertahankan sekaligus dijadikan wahana untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sergai.

Sebelumnya Ketua Panitia Drs. Alfian Purba melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai perekat dan pemersatu dalam kebhinekaan guna membangun rasa kebersamaan dan silaturahmi khususnya kepada sesama pengurus Kerabat dan  masyarakat Sergai pada umumnya. Selain itu juga untuk menggali, membangkitkan serta melestarikan nilai-nilai budaya yang sudah hampir punah akibat masuknya budaya luar yang dapat melunturkan kecintaan masyarakat kepada budayanya sendiri. (Ramadhan)

Teks Photo :

ONDOLAN NI SUPAK : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman mendapat kehormatan menerima Ondolan Ni Supak (bekal berjuang) sebagai simbol doa restu dari jajaran tokoh budaya maupun tokoh masyarakat suku Batak Simalungun disela-sela acara Pesta Budaya Kerabat Sergai Regional V yang diadakan di halaman YP YAPIM Kecamatan Dolok Masihul, Sabtu (30/5).  Photo : (Doc.BNO/WR)