Sergai Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

Photo Bersama

* Bupati H. Soekirman : Satukan Seluruh Elemen Masyarakat  Membangun Peradaban Ummat

 

Buananusantaraonline.com, Dolok Masihul – Peringatan Isra’ Mi’raj mempunyai hikmah disamping memperteguh keimanan dan ketakwaan umat Islam juga membangkitkan semangat keilmuan dan pengetahuan umat dalam mengungkap misteri dan potensi alam semesta. Keseimbangan antara keimanan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menghadirkan harapan terus berkembangnya kehidupan dunia yang lebih maju dan bermartabat.

Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman saat menghadiri acara peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW bertempat di lapangan Martebing Kecamatan Dolok Masihul, Kamis Sore (28/5). Turut hadir Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Imas Haris Fadillah, Asisten Ekbangsos Drs. H. Hadi Winarno MM,  para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. T. Hasibuan, Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya, Ketua FKUB H. Irfan Alfuadi Lubis, Manajer Perkebunan PT. Socfindo Kebun Bangun bandar Ismali, al-Ustadz Azhari Sitompul dan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Soekirman peringatan Isra’ Mi’raj yang kita selenggarakan setiap tanggal 27 Rajab, selain untuk menyemarakkan syiar Islam juga untuk memperkokoh keyakinan iman kita kepada Allah SWT. Dalam peringatan ini kita mengingat kembali perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa inilah beliau mendapat perintah untuk menunaikan shalat 5 (lima) waktu sehari semalam.

Isra’ Mi’raj dijalankan Nabi Muhammad SAW disaat beliau mengalami ujian berat dengan wafatnya isteri beliau Siti Khadijah dan paman beliau Abu Thalib yang gigih menjadi pendamping dan pelindung setianya dalam perjuangan mengemban tugas kerasulannya khususnya dalam menghadapi kerasnya tantangan dari kaum kafir Quraisy. Dengan demikian peristiwa Isra’ Mi’raj memberikan pelajaran penting bahwa Allah SWT akan senantiasa hadir memperteguh keyakinan dan semangat bagi siapapun yang bekerja keras dan berjuang di jalan-Nya.

Peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Dolok Masihul sebagai sarana efektif dalam menjalin silaturahmi dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah sekaligus merupakan media bagi Pemkab Sergai untuk dapat membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat terutama umat muslim yang ada di Kabupaten ini dalam rangka menyatukan seluruh elemen masyarakat untuk membangun peradaban ummat. Hal ini juga sejalan dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo tentang NAWACITA yakni hadirkan Negara ditengah-tengah masyarakat, dimulai dari pinggiran perioritas membangun mulai dari desa karena jika desa makmur maka kota akan mendapat banyak manfaat.

Sementara itu al-Ustadz H. Azhar Sitompul dalam tausiyahnya mengisahkan perjalanan Isra’ Mi’raj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW serta menerima perintah untuk menjalankan ibadah shalat lima waktu sehari semalam. Dalam menerima dan menjalankan perintah-Nya,  pada awalnya banyak yang menolak pengakuan Nabi Muhammad sebagai Rosulullah tentang Isra’ Mi’raj jika diukur dari pengalaman dan batasan akal manusia. Dimana intinya kita tidak bisa mengukur keberhasilan seseorang jika ukurannya hanya diri kita sendiri. Isra’ Mi’raj juga mendidik kita jadi pribadi yang tangguh dengan tidak mengedepakan hawa nafsu.

Acara peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini diawali dengan Pelantikan Pengurus MUI Kecamatan se-Sergai masa khidmat 2015-2020.  (ramadhan)

 

Teks Photo :

SAMBUTAN Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah memberikan sambutan pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bertempat di lapangan Martebing Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (28/5). Photo: (Doc. BNO/WR)

Teks Photo :

PHOTO BERSAMA Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Imas Haris Fadillah photo bersama dengan Muspika Kecamatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bertempat di lapangan Martebing Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (28/5). Photo: