Manasik Akbar Jemaah Calon Haji Sergai Tahun 2015

  • Whatsapp

foto bersama jemaah haji

*  Bupati Soekirman: “Jangan Takabur” dengan mendahului ketentuan yang digariskan Allah SWT

 

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menyangkut martabat serta nama baik bangsa, kegiatan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah yang ditangani oleh Kementrian Agama (Kemenag), akan tetapi partisipasi masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji.

Sebelum melaksanakan ibadah haji di tanah suci nantinya terlebih dahulu Jemaah Calon Haji (Calhaj) dibekali dengan manasik haji, hal ini bertujuan agar bisa memahami rukun dan syarat serta sunnah ibadah haji sehingga memiliki kemandirian untuk melaksanakan ibadah tersebut.

 Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka secara resmi Manasik Akbar Jamaah Calhaj tahun 2015 di Masjid Al-Abror Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin (8/6).

Bupati Soekirman melanjutkan bahwa perjalanan haji merupakan ibadah spesial bagi  ummat Islam yang dipilih dan dipanggil Allah SWT. Dengan demikian ibadah ini hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin kerena bisa jadi ini merupakan kesempatan yang Allah berikan hanya sekali seumur hidup. Oleh karenanya diperlukan ilmu dan bekal yang cukup agar bisa beribadah dengan maksimal di tanah suci nantinya.

Tidak semua orang dipanggil oleh Allah SWT dalam melaksanakan rukun Islam ke-lima ini. Pengalaman setiap jemaah dengan jemaah Calhaj yang lain tidak sama, apa yang dirasakan antar sesama jemaah belum tentu dirasakan oleh jemaah lainnya, kata Bupati Soekirman.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman mengingatkan pada setiap jamaah Calhaj agar “jangan takabur” (sombong) dengan mendahului ketentuan yang telah digariskan Allah SWT dan jangan memasti-mastikan sesuatu yang belum tentu terjadi serta selalu membiasakan dengan mengucapkan kata InsyaAllah dalam setiap janji dan perkataan maupun perbuatan, papar Bupati Sergai.  

 Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan FKPD, Kepala SKPD dan Camat Ketua , Muspika Kecamatan, MUI Sergai H. Luckman Yahya, Kakan Kemenag Sergai H Drs David Saragih,  Ketua FKUB Drs. H. Irfan Elfuadi Lubis, perwakilan Bank BNI dan Bank Sumut serta ratusan para Calhaj.

Sementara itu Kakan Kemenag Sergai Drs. H. David Saragih mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai dan jajarannya yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. Semua yang berkenaan dengan urusan keberangkatan Calhaj mulai dari kepengurusan pasport hingga pemeriksaan kesehatan selalu dibantu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Mahmudin M.Hum dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya manasik akbar untuk meningkatkan pembinaan, pelayanan, perlindungan dan kualitas ilmu pengetahuan bagi jamaah Haji baik di tanah air maupun di tanah suci (Arab Saudi) serta menjalin silaturrahmi antar calon jemaah haji dengan Pemkab Sergai.

Sedangkan untuk jumlah jamaah Haji yang akan diberangkatkan tahun 1436 H/2015 M sebanyak 140 orang terdiri dari laki-laki berjumlah 57 orang, perempuan 83 orang, mutasi 6 orang, wafat 1 orang, tunda keberangkatan 3 orang serta membatalkan 1 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin-Rabu tanggal 8-10 Juni 2015, kata Mahmudin. (Ramadhan)

Teks Photo :

PHOTO BERSAMA Bupati Sergai Ir. H. Soekirman photo bersama dengan Ketua MUI Sergai H. Luckman Yahya, Kakan Kemenag Sergai H Drs David Saragih serta ratusan para Calhaj pada acara Manasik Akbar tahun 2015 di Masjid Al-Abror Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin (8/6) Photo: Doc. BNO/WR