Dialog Peningkatan Kerukunan Hidup Beragama

  • Whatsapp

* Bupati Sergai : Tumbuhkan Sikap Saling Toleransi antar Umat Beragama

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Persoalan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) merupakan permasalahan yang konflik yang terjadi di negara kita, oleh karenanya kita sebagi warga negara yang multikultural harus dapat menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk mencegah terjadinya konflik SARA tersebut, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mendukung kegiatan yang dilaksanakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berupa dialog atau musyawarah antar tokoh lintas agama. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap saling menjaga toleransi serta menghargai antar umat beragama dari konflik SARA.

Hal ini disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat membuka secara resmi Dialog Peningkatan Kerukunan Hidup Beragama, Berbangsa dan Bernegara yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah Kamis (11/6).

Turut hadir pada acara tersebut Plt. Sekretaris FKUB Provinsi Sumatera Utara DR. H. Arifinsyah, MA, Camat se-Sergai, Ketua FKUB Sergai Drs. H. M. Irfan El Fuadi Lubis, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Tokoh Agama Kristiani B.S Situmorang, MM yang juga sebagai narasumber, para tokoh agama serta undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Sergai Soekirman bahwa pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan yang dilakukan ini. Semoga dengan kegiatan ini, bisa menyatukan persepsi kita semua dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sergai dan NKRI pada umumnya. Terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan daerah ini tidak terlepas dari peranan seluruh elemen masyarakat dengan keharmonisan dan kerukunan hidupnya. Hal ini harus terus dipupuk dan dipertahankan demi visi kabupaten Sergai sebagai salah satu kabupaten terbaik di Indonesia dengan masyarakat yang pancasilais, religius, kompetitif, modern dan berwawasan lingkungan, pungkas soekirman.

Sebelumnya Ketua FKUB Sergai Drs. H. M. Irfan El Fuadi Lubis melaporkan bahwa kegatan yang dilakukan setiap tahunnya bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar umat beragama serta memberikan pemecahan masalah yang berbeda kultur dan keyakinan yang terjadi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Ada beberapa aspek persoalan yang sangat harus diperhatikan di daerah kita ini khususnya menjelang pesta demokrasi yakni menjaga kekondusifan, keamanan, ketertiban. Maka diharapkan kerjasama dari semua pihak baik instansi pemerintah, swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat, pihak keamanan yaitu TNI/Polri dan juga masyarakat untuk saling berkoordinasi memecahkan setiap persoalan dengan jalan musyawarah untuk kemaslahatan dan kesejahteraan bersama, jelas Irfan El Fuadi.

Di sisi lain, Plt. Sekretaris FKUB Provinsi Sumatera Utara, DR. H. Arifinsyah, MA menyambut baik kegiatan-kegiatan seperti ini, dirinya berharap kegiatan dapat dilakukan setiap tahunnya dan bisa ditingkatkan. “Sehingga perbedaan-perbedaan dan isu-isu yang selama ini diperdebatkan bisa dijadikan sebagai alasan untuk kita bersatu demi menciptakan generasi bangsa dan negara yang lebih baik,” ungkapnya.

Acara diisi dengan pemberian cenderamata dari Sekretaris FKUB Provinsi Sumut kepada Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan dilanjutkan dengan paparan dari narasumber. (ramadhan)