Monitoring Harga Sembako Jelang Ramadhan

  • Whatsapp

Bupati Soekirman: Persediaan Cukup, Harga Normal dan Terkendali

pasare 

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan serta untuk mengetahui stabilitas harga maupun stock persediaan bahan pangan yang diperjual belikan dipasar maupun toko sembako, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman beserta jajarannya melakukan monitoring harga sembako di sejumlah titik pasar tradisonal yang ada Sei Rampah dan Pekan Tanjung Beringin, Rabu (17/6).

            Monitoring harga sembako tersebut turut dihadiri dari Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provsu Demina R Sitepu dan Ricky Satya P, Kabag Perekonomian yang juga Ketua Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provsu Eryda Wati, SH, Perwakilan Perindag Provsu Rouly Tambunan, Perwakilan dari Bulog Provsu Lukman P Silitonga, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, AK, CA, Kadis Kesehatan Sergai Drg. Zaniyar M.AP, Kadis Perindagsar H. Rifai Backri Tanjung, SH M.AP, Kadis Perhubungan Jufri Eddy, SH, Kadis Kanla H. Ramlan Matondang, M.Sc, Kaban BP2AKP Ir. Setyarno, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kabag Perekonomian Fitriadi S.Sos, M.Si, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto, Camat Tanjung Beringin Sudarno, S.Sos serta Muspika Kecamatan.

              Di pasar tradisional Sei Rampah maupun yang ada di Pekan Tanjung Beringin harga sembako seperti beras IR Rp.9500.00, tepung terigu Rp.6000, gula pasir Rp. 13.000, minyak goreng curah Rp. 10.500, kacang tanah Rp. 24.000, kacang kedelai Rp. 8.500. Untuk daging kambing harganya masih stabil yaitu Rp. 75.000/kg, daging ayam Rp. 21.000/kg, untuk harga teri nasi harganya bervariasi mulai dari Rp. 64.000/kg – Rp.80.000/kg.

            Sedangkan untuk daging sapi khas dalam Rp. 110.000/kg mengalami kenaikan sebesar 10% Menurut pedagang daging yang ada di pasar Sei Rampah Muhammad Thoyib kenaikan tersebut  dikarenakan pasokan daging di amabil dari luar Sergai yang cukup jauh dan menelan biaya transportasi yang besar.       

            Untuk harga cabai merah mencapai Rp.50.000/kg, cabai rawit Rp. 25.000/kg, bawang merah Rp.30.000/kg, cabe bawang putih Rp. 18.000/kg, tomat Rp. 12.000/kg dan kentang Rp. 6.000/kg. Demikian juga untuk harga buah-buahan maupun harga bumbu harganya masih cukup stabil.

            Menanggapi kondisi yang ada di pasar tradisional Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menginstruksikan kepada instansi terkait untuk melakukan upaya agar harga sembako tetap stabil serta selalu memonitoring persediaan sembako yang ada di pasar hingga cukup sampai menjelang lebaran nanti.

            Untuk saat ini kita tidak perlu khawatir dengan stock sembako, disamping itu juga kenaikan harga yang terjadi di pasar masih relevan tidak mengalami kenaikan yang cukup tajam sehingga masih dikatakan normal dan terkendali, papar Soekirman.

                                                                                                      Tinjau Kilang Padi Asun

            Usai melakukan monitoring pasar Bupati Sergai Ir. H. Soekirman beserta rombongn menyambangi kilang padi milik Asun yang ada di Kecamatan Sei Rampah. Disana rombongan melihat proses penggilingan dan pengolahan padi dengan menggunakan peralatan yang modern hingga dikemas menjadi beras yang siap dikonsumsi. Kilang padi tersebut mampu menampung kapasitas beras 50 ton/hari dan stok beras tersebut mampu bertahan dan mencukupi hingga panen tiba panen berikutnya. (ramadhan)