Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1436 H

  • Whatsapp

Bupati Soekirman : Aplikasikan Nilai-Nilai Sholat Untuk Meraih Derajat Tinggi Di Sisi Allah

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Ribuan para tenaga pendidik/guru, Kepala Sekolah, KCD, jajaran dan keluarga besar Dinas Pendidikan (Disdik) menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Dzikir Akbar menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 H bertempat dihalaman Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan Sei Rampah, Senin (15/5).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci al-quran dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M. Si, Wakapolres Sergai Kompol Ricky Kertapati, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM, perwakilan Dandim 0204/DS, Camat Tanjung Beringin dan al-Ustadz Samin Pane.

 Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si mengatakan bahwa melalui momentum peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW kita dapat menggunakan akal, logika, dan hati dalam menerima kebenaran. Sehebat dan sekuat apapun manusia pasti memiliki kelemahan dan kekurangan, hanya Allah SWT segala Maha. Peristiwa Isra’ Mi’raj menjadi tonggak sejarah Nabi Muhammad SAW menerima perintah Allah untuk melaksanakan shalat. Apabila kita menunaikan shalat dengan sungguh-sungguh tentunya kita mampu mencegah perbuatan buruk dan mungkar.

Diakhir sambutannya Bupati H. Soekirman berharap dengan bulan suci Ramadhan yang sudah diambang pintu ini, mari kita sama-sama tingkatkan iman dan takwa guna memperoleh pahala yang berlipat ganda. Disamping itu, diharapkan melalui kegiatan ini juga dapat terus mempererat tali silahturahmi antar para pendidik karena itu merupakan ciri tauladan dari Rasulullah sehingga terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dengan nilai-nilai agama yang sesuai dengan visi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, tegas Soekirman.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM melaporkan bahwa kegiatan yang bertemakan “Dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Dzikir Akbar Kita Tingkatkan Kualitas Iman dan Amal Sholeh agar Tercipta Insan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sebagai Aparatur Negara yang Berakhlak Mulia, Jujur dan Bermartabat Sehingga Terwujud Pembangunan yang Berkelanjutan”.

Dalam ceramahnya, Ustadz Samin Pane yang dikenal dengan Ustadz Sampan menceritakan tentang peristiwa Isra Mi’raj yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Rasulullah. Perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW sendiri, memberikan kekuatan batin bagi beliau, atas cobaan atau musibah yang menimpa sepeninggalan paman, kakek serta istri beliau yang tercinta. Semasa hidupnya, mereka merupakan benteng terhadap serangan musuh musuh beliau yang berusaha menghentikan perjuangan beliau. 

Dari berbagai cobaan yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW atas kehendak Allah SWT, Rasulullah kemudian dinaikkan dari Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha untuk mendapatkan perintah sholat lima waktu yang semula lima puluh waktu dalam sehari semalam.

Maka dari itu beruntunglah kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW yang telah diberikan keringanan oleh Allah SWT dengan mengerjakan kewajiban sholat lima waktu dalam sehari semalam tanpa mengurangi pahala lima puluh waktu. Dirinya juga mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk terus menguatkan iman dengan menjaga kewajiban sholat kita, seperti halnya dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian tali asih kepada 300 orang anak yatim dan kaum dhuafa dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sergai. (Ramadhan)