Safari Ramadhan 1436 H, Pemkab Sergai Kunjungi 51 Mesjid 

  • Whatsapp

Bingkisan (1)

Buananusantaraonline.com,  Pegajahan – Tim Safari Ramadhan 1436 Hijriyah Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) yang terdiri dari 17 tim akan mengunjungi 51 Mesjid di 17 Kecamatan se-Sergai dan melibatkan seluruh unsur FKPD, Kepala SKPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama, Senin sore (23/6) secara resmi dilepas oleh Bupati Ir. H. Soekirman di aula Sultan Serdang kantor Bupati di Sei Rampah. Kegiatan tersebut didahului berbuka puasa bersama serta kemudian dilanjutkan dengan sholat Isya dan Tarawih dan diselingi dengan ceramah agama.

Usai melepas ke-17 tim Safari Ramadhan, Bupati Ir. H. Soekirman yang memimpin tim I mengunjungi Mesjid Nurul Karim di Dusun II Desa Jati Mulyo Kecamatan Pegajahan. Ikut serta dalam tim I yakni Ketua DPRD Sergai H.Syahlan Siregar ST, Kapolres AKBP. Guntur Agung Supono,  perwakilan Kajari Sei Rampah, anggota DPRD Sergai, para Kepala SKPD, Ketua MUI H. Luckman Yahya, Kakan Kemenag Drs. H.M David Purba Saragih, S.Ag, Kepala Bank Sumut Sei Rampah Gama Cherry Al Halim, tokoh masyarakat Ustadz Hotsah Saragih dan Ustadz Sulaiman, Muspika Kecamatan, Badan Kenaziran Mesjid serta anggota tim lainnya.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengatakan bahwa jadikanlah Bulan Suci Ramadhan sebagai wahana pengendalian diri dan peningkatan kesadaran spiritual tentang makna kehadiran diri di bumi ini. Berpuasa mengkondisikan kita untuk hidup sehat, ikhlas, sabar, taat dan berdisiplin, saling tolong menolong dan mengasihi sesamanya. Kita berharap kehadiran bulan penuh ampunan ini akan mampu membentuk manusia yang kuat bukan hanya fisik tetapi juga mampu membentuk manusia menjadi pribadi berkarakter dalam pencapaian predikat muttaqin (bertakwa), jelas Bupati.

Dalam urusan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Sergai telah menyusun kebijakan, program dan kegiatan yang bertujuan untuk menghadirkan pemerintah dalam setiap lini kehidupan masyarakat. Hal ini bertujuan agar semua proses pembangunan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat di daerah ini. Untuk itu H. Soekirman mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Sergai untuk selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan khususnya pembangunan di daerah ini, kata Bupati Soekirman.

Diakhir sambutannya Bupati Sergai Soekirman yang akan kembali mengikuti Pilkada untuk periode 2015-2020 menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Sergai yang telah memberikan amanah kepadanya memimpin Kabupaten Sergai selama ini. “Dan kami telah berusaha dan berupaya mewujudkan cita-cita Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami”, ujar Soekirman.

Sementara Ustadz Hotsah Saragih dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa panggilan berpuasa ini ditujukan dan diwajibkan hanya kepada orang-orang pilihan yakni orang yang beriman agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT. Untuk itulah marilah kita bersyukur karena kita merupakan orang-orang pilihan itu.

Ada enam tanda-tanda orang bersyukur yakni mengerjakan shalat baik shalat wajib yang lima waktu maupun shalat sunnahnya, berpuasa pada bulan Ramadhan maupun bulan lainnya, berzikir, selalu membaca Al Qur’an, memberi sedekah kepada orang yang membutuhkab serta selalu menjaga silaturrahmi sesamanya.

Diakhir tausiyahnya Ustadz Hotsah Saragih mengajak seluruh para jamaah agar selalu melaksanakannya sebagai tanda syukur atas kenikmatan yang diberikan Allah SWT.

Wabup Sergai Kunjungi Mesjid Nurul Huda Kecamatan Perbaungan

Sementara itu, pada waktu yang sama secara terpisah Tim II yang dipimpin Wakil Bupati Sergai Syahrianto SH melaksanakan safari Ramadhan di Mesjid Nurul Huda Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan. Tergabung dalam Tim II Kadis Kanla Ir. Ramlan Matondang, M.Sc, Sekretaris Bappeda Ir. H. Kaharuddin, Al-Ustadz Drs. Dauli Damanik serta puluhan anggota tim lainnya.

Dalam sambutannya Wabup Syahrianto mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan yang telah berjalan selama ini tentu  keseluruhannya belum tercapai. Akan tetapi Pemkab Sergai terus berupaya memaksimalkan pembangunan disegala bidang demi tercapai kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat.

Sekdakab Sergai Kunjungi Mesjid Toyibah Desa Kuta Baru

Sedangkan Tim III dipimpin Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si mengunjungi  Mesjid Toyibah Dusun III  Desa Kuta Baru Kecamatan Tebing Tinggi. Turut serta dalam tim tersebut Kadis PPKA H. Gustian, SE, MM,Ak, Kabag Pemjas Chairin F Simanjuntak, S.Sos, M.Si, Wakil Ketua DPRD Riady, S.Pd, Kakan Kesbang Drs. Purba Siregar, Kabag Hukum Surian Syahrizal, SH, Al-Ustadz H. Sugeng Wanto, MA serta anggota tim lainnya.

Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan silaturrahmi dan memperkuat ikatan tali persaudaraan. Oleh karenanya Haris Fadillah mengajak seluruh warga untuk tetap bersatu dan bergandengan tangan, mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk lebih memajukan Kabupaten Sergai. Dan ini tentunya diperlukan adanya dukungan dari seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan program pemerintah kedepan, kata Sekdakab Haris Fadillah. (ramadhan)

Teks Photo :

BINGKISAN : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Syahrianto SH dan Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah secara terpisah memberikan bingkisan kepada Badan Kenaziran Mesjid di Mesjid Nurul Karim di Dusun II Desa Jati Mulyo Kecamatan Pegajahan, Mesjid Nurul Huda Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan dan Mesjid Toyibah Dusun III  Desa Kuta Baru Kecamatan Tebing Tinggi dalam acara Safari Ramadhan 1436 H, Senin (22/6). Photo : Doc. BNO/WR