Tebingtinggi Terima WTP Laporan Keuangan Dari BPK

  • Whatsapp
bpk
Buananusantaraonline.com, Tebingtinggi – Pemerintah Kota Tebingtinggi untuk pertama kalinya menerima penilaian Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan Sumut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2014 sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).
WTP diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sumut Erwin SH M.Hum kepada Walikota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Wakil Walikota Ir H Oki Doni Siregar di Gedung Kantor Perwakilan BPK Sumut Jalan Imam Bonjol Medan. Demikian siaran pers Kabag Humas Pemko Drs Bambang Sudaryono kepada wartawan, Selasa (23/6).
Dalam kesempatan itu, Erwin mengatakan yang menerima WTP selain Kota Tebingtinggi adalah Kota Medan dan Kabupaten Simalungun hanya mendapat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) karena masih ada ditemukan beberapa kesalahan.
Dijelaskan Erwin, khusus Sumatera utara hanya beberapa Kabupaten Kota yang sudah menyelesaikan laporannya kepada pihak BPK, apabila Kabupaten Kota mengalami kesulitan dalam membuat laporan, pihak BPK Perwakilan Sumut tetap melakukan pembimbingan dalam melaporkan keuangan dan aset daerah. “Seperti Tebingtinggi, kita berikan langsung melakukan eksen. Bisa saja kita tidak memberi WTP, tetapi ini hak pimpinan kepala daerah”, ujar Erwin.
Menurut Erwin hendaknya beberapa daerah lain menyelesaikan laporannya, karena apabila tuntas maka pemerintah pusat akan memberikan reward senilai Rp 30 miliar, dengan penyelesaian itu, Kabupaten Kota yang ada di Sumut bisa menerimanya, tetapi apabila Sumut tidak mampu menyelesaikannya, kita malu dengan Provinsi lain yang sudah menyelesaikan laporan keuangan mereka.
“Hari ini kita memberikan WTP  kepada Pemerintah Kota Medan bersama Ketua DPRD dan kepada Walikota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan. Sedangkan untuk Kabupaten Simalungun hanya menerima WDP”, jelas Erwin.
Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan mengucapkan terima kasih kepada BPK yang telah memberikan kepercayaan kepada Tebingtinggi telah menerima WTP dan melakukan supervisi serta pemeriksaan. Umar menyatakan mungkin masih ada kebobolan yang tidak bisa di administrasi dengan baik. Semua unsur pimpinan SKPD melakukan perubahan dalam administrasi laporan keuangan, apalagi ke depan sistem laporan secara akrual.
“Kedepan kami berjanji akan terus melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan. Memang masalah aset laporannya harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Ini pertama Tebingtinggi menerima WTP dan ini merupakan kado terindah menyambut HUT Pemko Tebingtinggi ke 98”, senyum Umar.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi Muhammad Hazly Azhari Hasibuan didampingi H Chairil Mukmin Tambunan memberikan ucapan terimah kasih kepada BPK yang telah memberikan opini WTP kepada Kota Tebingtinggi. Kita memberikan apresiasi tertinggi kepada Walikota dan Wakil Walikota yang mampu memberikan terbaik yaitu WTP. “Ini harus bisa dipertahankan ke depan. Ini berkat kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif serta jajaran SKPD yang ada”, terang Hazly. (WR)
Keterangan gambar :
SERAHKANKepala Perwakilan BPK Sumut Erwin SH M.Hum menyerahkan penghargaan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Walikota Ir Umar Zuanidi Hasibuan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2014”. (Doc. BNO-WR)