Kampung Ramadhan Tampilkan Produk Unggulan Daerah

  • Whatsapp
 1
Buananusantaraonline.com, Tebingtinggi – Kampung Ramadhan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tebingtinggi melalui Dinas Kouperindag hingga tanggal 12 Juli 2015 mendatang di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi menampilkan berbagai macam produk unggulan daerah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di kota tersebut.
Kadis Kouperindag Kota Tebingtinggi Syahnan Hasibuan SH mengatakan, ‘Kampung Ramadhan’ ini diisi oleh stand pemerintah sebanyak 20 buah dan stand usaha serta perusahaan sebanyak 20 buah. “Sebanyak 40 stand kita sediakan, khusus untuk UMKM Tebingtinggi menampilkan produk-produk unggulan dari kelurahan. Hal ini sesuai dengan program One Vilage One Product (Ovop) yang dicanangkan walikota”, terang Syahnan, Senin sore (29/6).
Menurut Syahnan, Kampung Ramadhan ini khusus menampilkan produk unggulan UMKM dari Tebingtinggi yaitu batik tulis khas motif Tebingtinggi, gerabah dan seni mengukir kaca (Siloette). Selian itu juga, pihaknya mempromosikan hasil kerajinan tangan seperti tempat tisu, berbagai produk makanan ringan dari kacang intip, roti ketawa, keripik pisang, keripik ubi, keripik sukun, keripik talas dan berbagai makanan lainnya.
“Kita berharap pelaksanaan Kampung Ramadhan ini bisa berjalan dengan baik. Bukan mempromosikan dibidang UKM saja, tetapi pihak panitia dalam menyambut HUT Tebingtinggi ke 98 melaksanakan berbagai kegiatan ke-Islaman seperti festival band, mode busana muslim, pameran jilbab dan perlombaan seni siar agama Islam lainnya”, ujar Syahnan.
Pantauan wartawan, masih banyak stand milik Pemko Tebingtinggi terutama stand dari lima kecamatan yang belum terisi dan hasil UKM masyarakat juga standnya belum terisi semua, sedangkan untuk stand usaha dan perusahaan sudah terisi penuh.
Salah seorang warga yang berkunjung, Mila (24) mengatakan bahwa Kampung Ramadhan ini harus tampak ramai barang yang dijual, apabila stand banyak kosong maka dimungkinkan pengunjung akan sepi. Terutama menjelang lebaran ini, diharapkan bisa didapatkan di Kampung Ramadhan. “Kalau kebutuhan untuk lebaran seperti baju, pakaian serta busana muslim banyak dijual dengan harga miring, mungkin Kampung Ramadhan akan ramai setiap harinya”, harap Mila.(WR)
Keterangan gambar :
KAMPUNG RAMADHANStand milik Dinas Kouperindag Kota Tebingtinggi mempromosikan hasil-hasil UMKM dari kelurahan-kelurahan pada kegiatan Kampung Ramadhan yang digelar di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Tebingtinggi”. (Doc/BNO-WR)