Tabur Bibit  Ikan di UPT-BPAT Belidahan

  • Whatsapp

**Bupati Soekirman : Dengan Penerapan Tri Sukses Akan Capai Keberhasilan

 

Buananusantaraonline.com, Sei Rampah – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memiliki potensi perikanan dan kelautan, baik bidang perikanan budidaya, perikanan tangkap, perairan umum dan pembangunan wilayah pesisir serta pengolahan hasil perikanan. Dengan ketersediaan potensi perikanan tentu masih memberikan peluang yang cukup besar untuk dikembangkan sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi produksi perikanan dalam hal  memenuhi kebutuhan.

            Demikian dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman dalam sambutannya pada acara penaburan perdana bibit ikan yang digelar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Perikanan Air Tawar (BPAT) Belidahan Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah, Kamis sore (25/6).

            Acara yang dirangkaikan dengan pemberian tali asih terhadap 40 anak yatim, turut dihadiri Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Anggota DPRD Junaidi dan Usman Sitorus, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ir. Mega Hadi, Kadis Perikanan dan Kelautan (Kanla) Ir. H. Muhammad Ramlan, M.Sc, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Safaruddin, Kadis Hutbun M. Aliuddin, SP, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto, Kades Cempedak Lobang serta puluhan kelompok tani ikan dari berbagai daerah se-Kabupaten Sergai.

            Dilanjutkan Bupati Soekirman, kegiatan ini merupakan program yang dianjurkan oleh Presiden RI Joko Widodo yaitu mengikuti nawacita dengan membangun dari pinggiran. Seperti halnya dengan adanya BPAT Belidahan ini setahap demi setahap akan semakin melengkapi sektor-sektor unggulan yang menjadi andalan di Kabupaten ini seperti sektor pertanian sekaligus juga menjadi sarana penunjang perekonomian. “Dengan demikian daerah ini sangat cocok untuk pengembangan benih ikan, karena hal ini merupakan satu momen yang dapat berdaya guna untuk bisa dilestarikan“, papar Bupati Soekirman.

            Untuk mencapai keberhasilan dari balai perikanan ini, tentu diperlukan teknis yang harus diterapkan melalui “tri sukses” yang pertama sukses teknis, kedua sukses ekonomi dan ketiga sukses birokratis. Dengan keberadaan UPT-BPAT ini kedepannya diharapkan dapat dijadikan masyarakat sebagai  tempat belajar dan berkonsultasi tentang pengelolaan budidaya ikan yang potensinya cukup besar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, ujar Bupati Sergai Soekirman.

            Dalam kesempatan yang sama Ir. H. Muhammad Ramlan, M.Sc selaku ketua panitia  melaporkan bahwa kegitan ini merupakan tindak lanjut operasional kegiatan UPT-BPAT Belidahan Diskanla Kabupaten Sergai. Sedangkan tujuannya selain tempat belajar mengajar bagi pembudidaya ikan juga sebagai sarana-sarana lainnya untuk pengembangan usaha perikanan. Adapun bibit ikan yang ditabur ini adalah jenis ikan patin dan ikan gurame.

            Untuk lokasi UPT-BPAT ini seluas 4,2 Ha, pada tahun 2014 telah dibangun kolam pembesaran, pendederan, pengendapan dan kolam waduk yang berjumlah 11 petak kolam serta rumah jaga, hingga pada tahun 2016 nanti sudah siap dioperasionalkan, kata H. Muhammad Ramlan. (RAmadhan)

Teks Photo :

TABUR BIBIT : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Kanla Ir. H. Muhammad Ramlan, M.Sc, sedang menabur benih ikan bersama dengan Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST pada acara penebaran perdana bibit ikan UPT-BPAT Belidahan Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah, Kamis sore (25/6) Photo : Doc. BNO/WR