Penuh Hikmad Buka Puasa Pemkab Sergai Bersama Elemen Masyarakat

  • Whatsapp

tali asih

Buananusantaraonline.com, Rampah – Suasana hikmad dan penuh kekeluargaan buka puasa bersama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan Para Alim Ulama, Tokoh Nasyarakat, Nazir Mesjid, Bilal Mayit, Pembantu Petugas Pencatat Nikah (P3N) dan Guru Madrasah Dinniyah Awaliyah (MDA) se-Kabupaten Sergai Jum’at (3/7), bertempat dihalaman kantor Bupati Sergai Sei Rampah.

Tampak hadir pada acara buka bersama tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wakapolres Kompol Ricky Kertapati, S.IK, M.Si, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Anggota DPRD H. Usman Efendi Sitorus, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Sri S Syahrianto, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, para Camat, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Kakan Kemenag Drs. H. David Saragih, S.Ag, Al Ustadz Prof. Dr. Muzakkir, MA, Ketua FKUB Drs. H. Irfan El Fuadi Lubis dan ribuan tamu undangan lainnya.

Bupati Sergai pada sambutannya mengatakan, bahwa Alim ulama dan umarah adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pembangunan. Dalam masyarakat madani yang menghormati nilai-nilai agama dan budaya religius, peran ulama sebagai khadimul ummah (pelayan umat) terbukti efektif dalam memotivasi umat dan meredam berbagai permasalahan yang menyangkut kehidupan umat. Oleh karena itu ulama menduduki posisi strategis sebagai pengawal aqidah dan akhlak umat, sementara umarah sebagai penentu dan pelaksana kebijakan pembangunan nasional untuk kemaslahatan umat dan bangsa.

Selanjutnya dikatakan, salah satu substansi dari kegiatan yang setiap tahun diadakan guna mewujudkan misi menjadikan masyarakat Sergaii yang religius ini adalah untuk menjalin silaturahmi serta komunikasi yang harmonis antara Pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat.

Sementara tugas dan fungsiyang dimiliki masing-masing antara Ulama dan umarah yang saling mendukung dalam upaya menyukseskan pembangunan nasional. “Kemitraan dapat menjadi modal utama yang sangat penting untuk melanjutkan pembangunan guna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Pada kesempatan itu, anggota DPRD H. Usman Efendi Sitorus, S.Ag mengatakan, Melalui kegiatan yang dilakukan ini selain semakin mempererat hubungan silaturrahmi diantara elemen masyarakat dan pemerintah juga merupakan upaya untuk mensukseskan pembangunan dan penguatan mental dan spiritual bagi seluruh masyarakat di kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Saat ini kita telah kembali mengusulkan sistem pendidikan agama yang meliputi penguatan nilai-nilai keagamaan dengan memakai ukuran pada kemampuan membaca Al-Qur’an. Selanjutnya adalah penguatan kompetensi serta perlindungan hukum bagi guru-guru dari peraturan-peraturan yang mengekang serta jaminan penyetaraan penempatan guru-guru di daerah ini.

Al Ustadz Prof. Dr. Muzakkir, MA dalam Tausiyahnya juga mengamini silaturrahmi yang dilakukan dengan mengetengahkan bahwa orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain. Banyak cara bisa dilakukan agar menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat. Bisa dengan menolong dalam bentuk tenaga, memberikan bantuan dalam bentuk materi, memberi pinjaman, memberikan taushiyah keagamaan, meringankan beban penderitaan, membayarkan hutang, memberi makan, hingga menyisihkan waktu untuk menunggu tetangga yang sakit. Pimpinan yang baik juga bermanfaat bagi bawahannya, sebagaimana penguasa yang adil pun bermanfaat bagi rakyatnya. Bahkan, membuat orang lain menjadi gembira juga termasuk amalan bermanfaat yang dicintai oleh Allah SWT. (Ramadhan)

Teks Photo :
TALI ASIH : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si bersama Wakapolres Sergai Kompol Ricky Kertapati, S.IK, M.Si, Ketua MUI H. Lukman Yahya dan Kakan Kemenag Sergai H. David Saragih, S.Ag memberikan tali asih kepada bilal mayit, nazir masjid dan guru MDA disela-sela acara buka puasa bersama dengan Alim Ulama, Tokoh masyarakat, nazir mesjid, bilal mayit, P3N dan Guru MDA se-Kabupaten Sergai, bertempat di halaman kompleks kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at Sore (3/7). Photo : Doc. BNO/WR