1.000 Kaum Dhuafa T Tinggi Terima Santunan

  • Whatsapp
Buananusantaraonline.com, Tebingtinggi – Sebanyak 1.000 orang kaum dhuafa (fakir miskin) Muslim yang tersebar di 5 kecamatan se Kota Tebingtinggi menerima bantuan paket lebaran yang berasal dari zakat mal (harta) hasil pengutipan Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Tebingtinggi tahun 2015, Jumat (10/7) di gedung Balai Pertemuan Kartini Jalan Imam Bonjol kota setempat.
Penyerahan paket lebaran tersebut dilakukan Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, Ketua Umum Bazda Kota Tebingtinggi, H Johan Samose Harahap, Ketua Harian Bazda HM Hasbi MH, Sekretaris Kantor Kemenag Tebingtinggi Drs M Nasir Pane, Pemimpin Bank Sumut Cabang Syariah Tebingtinggi Fahmi Ichwan Siregar SH dan Ketua MUI Drs H Ahmad Dalil Harahap.
Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya mengatakan, di penghujung Ramadhan ini memang sudah seharusnya kaum muslimin yang memiliki kelebihan rezeki untuk membayar zakat hartanya. “Bantuan paket lebaran ini berasal dari infaq dan zakat yang dikutip dari PNS dan karyawan Bank Sumut Syariah, manfaatkanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya”, pesan walikota.
Pada kesempatan itu, Umar Zunaidi memberikan apresiasi kepada tim Bazda Kota Tebingtinggi yang dinilai turut berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan melalui program-program yang telah menyentuh lapisan masyarakat terbawah. Dikatakan juga bahwa Islam tidak mengajarkan menghadapi Syawal (lebaran) secara bermewah-mewah, “Syawal itu disambut dengan sederhana saja, kita yang sudah tua ini jaga makanan di waktu syawal agar tidak terkena segala macam penyakit. Tidak ada dalam Al Quran disebutkan membuat berbagai macam makanan dan kue di saat menyambut bulan syawal”, imbuhnya.
Ketua Harian Bazda Tebingtinggi, HM Hasbi MH menyampaikan, bantuan paket lebaran berisi sembako dan uang tali asih itu berasal dari dana Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) dengan total Rp 225 juta, ditambah hasil pengutipan zakat dari karyawan Bank Sumut Syari’ah Cabang Tebingtinggi berupa beras, gula, minyak goring, sarden dan bubuk teh dengan total Rp 15 juta.
Ketua Harian Bazda Tebingtinggi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Tebingtinggi atas kepeduliannya selaku pembina Bazda yang telah banyak memberikan bimbingan dan bantuan untuk kemajuan Bazda Kota Tebingtinggi. “Ucapan terima kasih yang sama juga kami sampaikan kepada Ketua Umum Bazda yang telah banyak memberikan masukan demi perbaikan manajemen pembukuan keuangan Bazda sehingga menjadi efisiensi, akuntabilitas dan transparansi bersama pihak Bank Sumut Syari’ah Kota Tebingtinggi”, urainya. (WR)