BUPATI SERGAI TERIMA AUDIENSI KAKANWIL BPN DAN KADIS PSDA PROVSU

  • Whatsapp

Buananusantaraonline.com, Rampah – Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si menerima kunjungan audiensi Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provsu Ir. Sudarsono, M.M dan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provsu Dinsyah Sitompul, bertempat diruang kerja Bupati Kompleks Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Rabu, (8/7).

Tampak hadir  Asisten I Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Kepala BPN Sergai Rosma Magdalena, SH, Kabag Pemjas Chairin F. Simanjuntak, S.Sos, MM.

 Audiensi dari Kakanwil BPN Provsu Ir. Sudarsono, M.M dalam rangka silaturahmi serta menyampaikan arahan tentang pembebasan lahan seluas 10 Ha dari HGU PTPN III Tanah Raja untuk kepentingan fasilitas perkantoran sosial dan umum Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.

 Dalam arahannya Sudarsono menyampaikan tentang tata cara mengajukan permohonan pembebasan lahan tersebut bahwa kesemuanya harus melalui ganti rugi berikut tanaman di atasnya lewat penilaian apresial sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum dan Perpres No. 78 Tahun 2012. Harapannya agar segera terealisasi dan adminstrasinya dapat selesai dengan baik.

Sementara Kadis PSDA Provsu Dinsyah Sitompul menyampaikan tentang progres tahap-tahap pelaksanaan pembebasan lahan dalam rangka pembangunan Bendung Gerak Bajayu. Dalam pelaksanaannya sampai hari ini tidak ditemui masalah, dan tinggal melaksanakan percepatan dalam pembebasan lahan. Diminta koordinasi dari Pemkab Sergai melalui Camat dan Kepala Desa dalam hal menyinkronkan data wilayahnya yang terkena dalam site plan pembangunan Bendung Gerak Bajayu tersebut untuk segera diselesaikan ganti ruginya.

Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si mewakili Bupati Sergai menyampaikan ucapan terima kasih atas nama Pemkab sergai dan apresiasi atas kunjungan audiensi Kakanwil BPN dan Kadis PSDA Provinsi Sumatera Utara hari ini.

Untuk fasilitas perkantoran, Pemkab Sergai membutuhkan lahan seluas ± 10 Ha juga diperuntukkan fasilitas sosial dan umum lainnya dalam rangka menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Di informasikan, pada tahun 2014 Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengajukan permohonan pelepasan lahan PTPN III (Persero) Kebun Tanah Raja yang berlokasi di Desa Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai.

Kemudian di tahun 2015 ini Menteri BUMN telah menyetujui penghapusbukuan dan pemindahtanganan aset lahan HGU PTPN III Kebun Tanah Raja untuk pembangunan perkantoran, sosial dan umum Kabupaten Serdang Bedagai.

Semua elemen berharap semoga proses pelepasan lahan ini akan dapat berjalan dengan lancar dan baik untuk dipergunakan dalam kegiatan pemerintahan, sosial dan umum.

Menyikapi tentang progres pembangunan Bendung Gerak Bajayu, Pemkab Sergai akan selalu berkoordinasi Camat dan Kepala Desa dalam hal menyinkronkan data wilayahnya yang terkena dalam site plan pembangunan Bendung Gerak Bajayu tersebut untuk segera diselesaikan ganti ruginya. (Ramadhan)