DPRD Sergai Setujui APBD TA 2014 dan 2 Ranperda Th 2015

  • Whatsapp

Buananusantaraonline.com, rampah – Rapat Paripurna Persetujuan DPRD terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2014 dan 2 Ranperda Tahun 2015 bertempat di Gedung DPRD Sergai di Sei Rampah, Jumat, (10/7).

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (DPRD Sergai) menyatakan menerima dan menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2014 yang disampaikan Bupati Ir. H. Soekirman pada tanggal 8 Mei 2015 dan 2 (dua) Ranperda tahun 2015 pada tanggal 3 Juni 2015 lalu.

Persetujuan ini dinyatakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua Dewan H. Syahlan Siregar ST didampingi Wakil Ketua Dewa. H. Hasbullah Damanik SE, Drs. H. Abdul Rahim dam Riady SP.

Persetujuan itu diambil setelah penyampaian laporan Badan Anggaran dibacakan Hari Ananda serta laporan Hadil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) I Edy Resmanto SP, Pansus II Nur Alamsyah dan Pansus III Syamsul Bakri.

Melalui Nota Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2014 yang disampaikan Bupati H. Soekirman di depan sidang paripurna DPRD dikemukakan capaian kinerja yang dilaksanakan Pemkab Sergai beserta jajarannya dengan realisasi pendapatan daerah sebesar Rp 1,087 triliyun. Sedangkan realisasi belanja daerah sebesar Rp  1,010 triliyun maka terjadi surplus anggaran sebesar Rp 76,708 milyar untuk menutupi pembiayaan daerah yang terdiri dari penerimaan sebesar Rp.17,145 miliar dan pengeluaran sebesar Rp.9,582 milyar. Sehingga dalam tahun anggaran 2014 terdapat sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) sebesar Rp. 84,271 miliar.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam Pendapat Akhir Pemerintah Bupati Mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada para anggota DPRD dalam melakukan pembahasan terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2014.

Pendapat akhir Pemerintah Daerah, pertama akan terus memaksimalkan kinerja SKPD yang diberi tanggung jawab dan  wewenang untuk mengoptimalkan PAD melalui peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi serta terus menggali potensi sumber-sumber PAD yang ada.

Selanjutnya, akan terus meningkatkan pengawasan dan pengendalian kepada para SKPD yang bertanggung jawab atas pelaksanaan belanja modal sehingga sasaran program dan kegiatan dapat terealisasi tepat waktu.

Juga akani segera membenahi penatausahaan aset tetap pada SKPD sesuai dengan ketentuan dan mengenai permasalahan aset tetap yang hilang akan diproses dan ditindaklanjuti melalui tim majelis TP/TGR.

Dan kami terus meningkatkan kinerja dengan memenuhi peraturan perundang-undangan dan memperkuat sistem pengendalian intern yang handal sehingga opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut atas Laporan Keuangan Pemda Kabupaten Sergai dapat dipertahankan dimasa mendatang demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. (Ramadhan)

Sementara, Persetujuan 2 (dua) Ranperda pada kesempatan yang sama DPRD Sergai juga menyetujui dua Ranperda yang diusulkan Pemkab Sergai, yakni, Ranperda tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa dan Ranperda tentang Tata Cara dan Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah.

 Perampungan kedua dokumen tersebut merupakan wujud dari komitmen Pemkab Sergai dalam mengimplementasikan tata kelola kepemimpinan yang baik (good governance).(Ramadhan))