Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB- Kes dan Harganas XXII di Sergai

  • Whatsapp

* Bahan Bupati H. Soekirman : KKBPK Upaya Perbaikan Kehidupan Kecil, Bahagia dan Sejahtera

Buananusantaraonline.com, Rampah – Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB- Kes dan Harganas XXII di Sergai, bertempat di lapangan bola kaki Firdaus Kecamatan Sei Rampah pada Rabu, 29 Juli 2015 dihadiri segenap unsur  Legislatif dan Eksekutif Serdang bedagai juga sejumpah elemen lainnya.

Tampak, Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Tamrin Hasibuan,  Wakil Ketua DPRD Sergai Riadi SPd dan anggota DPRD,  Mewakili unsur FKPD,  Sekretaris BKKBN Provsu Dra. Hj. Rabiatun Adawiyah MP,  Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman,  Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah,  para Asisten dan staf Ahli,  Kepala SKPD,  Para Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan,  Ibu Persit KCK 0204/DS,  Ketua LPM Unimed dan jajarannya,  al Ustadz Samin Pane, Kepala Puskesmas,  kepala UPT Kecamatan, PPLKB serta para kader.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa pada moment ini peran serta anggota TNI sangat strategis sebagai pelopor, motivator dan dinamisator yang hakikatnya bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung dan tampung yang tersedia oleh alam. Disamping itu untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Peringatan Harganas juga sebagai momentum pemberian penghargaan bagi keluarga yang telah berpartisipasi aktif dalam program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan berupaya memperbaiki kualitas kehidupan secara berkelanjutan sehingga terbentuk keluarga yang harmonis, lestari, tegar dan tangguh menghadapi permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ujar Bupati Sergai.

Untuk itu kegiatan yang mengambil tema “Melalui kerjasama kemitraan BKKBN dengan TNI kita tingkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga RPJMN 2015-2019” dan “Harganas merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera” diharapkan akan melembagakan upaya memperbaiki kualitas kehidupan keluarga secara berlanjut, tandas Soekirman.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Provsu yang diwakili Sekretaris BKKBN Dra. Hj. Rabiatun Adawiyah MP dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi terrhadap kegiatan ini. Momentum ini sangat strategis sebagai bagian dari upaya percepatan pelaksanaan revitalisasi program KKBPK dalam mempromosikan dan meng “KIE” kan (komunikasi, informasi dan edukasi) kepada masyarakat pentingnya pengendalian jumlah penduduk keluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dengan daya dukung alam dan lingkungan. Momentum Harganas ini hendaknya dimanfaatkan untuk mempererat kekompakan dan kebersamaan dalam mewujudkan norma keluarga kecil bahagia sejahtera.

Pencanangan bhaksos TNI manunggal KB-Kes telah memberikan sumbangan positif terhadap pelaksanaan program KKBPK khususnya dan pembangunan SDM umumnya. Penduduk yang berkualitas merupakan aset dan matra pertahanan rakyat karena bila kualitasnya rendah akan menjadi rentan terhadap keamanan dan ketahanan bangsa, ujar Dra. Hj. Rabiatun Adawiyah MP.

Sementara itu Dandim 0204/DS Letkol. Inf. Hanryan Indrawira S.Sos yang dibacakan Kasdim 0204/DS Mayor Inf.Tamrin Hasibuan mengatakan bahwa masalah kependudukan mempunyai implikasi yang luas terhadap pembangunan nasional, mulai dari pendidikan, pembangunan, tenaga kerja, kesehatan, sandang pangan dan papan serta keamanan. Selain itu pencanangan kegiatan revitalisasi program KB kes melalui Baksos kerjasama BKKBN dan TNI merupakan wujud nyata dan kepedulian instansi TNI, pemda, swasta dan dibantu masyarakat dalam rangka mendukung upaya pemerintah melalui BKKBN untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Oleh karena itu program KB menjadi sangat penting untuk menyelesaikan permasalahan kependudukan sebagai landasan membnagun keluarga kecil yang sehat dan berkualitas, ujar Dandim.

Ketua Panitia Hj. Marliah Soekirman melaporkan bahwa umtuk meningkatkan komitmen politis dan kepedulian pemerintah, legislatif dan yudikatif baik di tingkat Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota dalam mendukung pelaksanaan pembangunan khususnya dibidang KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Dalam memeriahkan Harganas XXII dilaksanakan berbagai perlombaan seperti lomba keluarga harmonis sejahtera, institusi masyarakat pedesaan KB Lestari kategori 10, 15 dan 20 tahun, kelompok UPPKS, Tri Bina BKB, BKR dan BKL, PLKB Teladan serta membuka pelayanan gratis KB MKJP dan kesehatan serta pameran kelompok UPPKS. Diakhir laporan Hj. Marliah Soekirman mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai, Dandim 0204/DS, BKKBN Provsu serta stakeholder Pemkab Sergai.

Acara isi dengan tarian TNI Manunggal dari YAPIM serta balita bercerita oleh Mutia Rasya, anak didik PAUD Layar Terkembang Kecamatan Bandar Khalipah serta pembagian hadiah untuk para pemenang. (Ramadhan)