‘Tebingtinggi Agri Market’ Ditutup

  • Whatsapp
*Warga Diajak Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah
Buananusantaraonline.com, Tebingtinggi – Kegiatan ‘Tebingtinggi Agri Market’ sekaligus pameran Flora dan Fauna ke II Tahun 2015 yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kota Tebingtinggi resmi ditutup oleh Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar, Kamis (30/7). Warga diajak untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam pohonan yang bisa menambah perekonomian keluarga.
“Kepada warga Tebingtinggi kami berharap kiranya dapat memanfaatkan lahan-lahan pekarangan yang kosong, untuk ditanami tanaman yang bermanfaat dan punya nilai ekonomis, sehingga dapat menambah perekonomian keluarga”, imbuh Oki Doni Siregar.
Menurut Oki, kegiatan ‘Tebingtinggi Agri Market’ sangat positif untuk mendukung dan menompang pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ikon kota Tebingtinggi setiap tahunnya, khususnya dalam memasarkan hasil-hasil pertanian di kota itu. Diharapkan pula dari hasil pertanian tersebut tidak saja dapat dijual di pasar tradisional, tetapi juga pasar swalayan atau super market, tentunya dengan memperhatikan mutu dan dikemas secara baik dan bagus.
Oki juga berharap kegiatan ‘Tebingtinggi Agri Market’ bisa lebih ditingkatkan lagi pada tahun-tahun mendatang. “Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan di tahun-tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi, tidak saja terbatas pesertanya dari kota Tebingtinggi, tetapi bisa juga dengan mengundang peserta dari luar daerah atau antar provinsi”, harapnya.
Sementara Kadis Pertanian Kota Tebingtinggi Marimbun Marpaung SP M.Si melaporkan, dalam kegiatan ‘Tebingtinggi Agri Market’ serta Pameran Flora dan Fauna Tahun 2015 juga dilaksanakan beberapa perlombaan seperti lomba tanaman hias anggrek, tanaman bonsai, kontes burung berkicau, cerdas cermat, menggambar dan fashion show yang diikuti oleh pelajar-pelajar di kota itu.
Untuk kontes burung berkicau memperebutkan Piala Walikota Tebingtinggi juara I,II dan III masing-masing diraih Ayen (Tebingtinggi), Alex (P Siantar) dan Agus (Kisaran) untuk jenis burung murai batu ekor putih. Lomba flora tanaman hias anggrek masing-masing Eka Sri Wahyuni, Romauli dan Rika Amelia. Lomba bonsai, Lisa Daryana, Vivi Manurung dan Sugeng. Lomba fasion show menggunakan bahan dasar dari tanaman sayur dan buah-buahan masing-masing juara I Putri Islami Cantika juara II Rizki Panitra dan juara III Audina Anggreani.
Sedangkan Lomba cerdas cermat kelompok tani, juara I, II dan III masing-masing Kelompok Tani Sepakat, Poktan Sepakat dan Poktan Deli Cemerlang. Lomba menggambar tingkat SD masing-masing Riza Abdilla, Diah Ayu Andini dan Luna Elikari. (Ramadhan)