Bimtek Penyusunan Restatement Keuangan Tebingtinggi Resmi Gelar

  • Whatsapp
Buananusantaraonline.com-tebing Tinggi
Pemerintah Kota Tebingtinggi menggelar bimbingan teknis (bimtek) Penyusunan Restatemen Neraca Awal Laporan Keuangan SKPD dibuka oleh Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar, Rabu (2/9) di Gedung Hj Sawiyah Nasution Jalan Sutomo.
Bimtek yang berlangsung selama 4 hari dengan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut itu diikuti oleh 125 peserta dari PPK SKPD, Bendahara Penerimaan, Pengeluaran, Pengeluaran Pembantu dan Pengurus Barang.
Disampaikan Oki bahwa pengelolaan keuangan daerah dilingkungan pemerintahan telah diterbitkan beberapa regulasi, diantara PP No.71 Tahun 2010, tentang Standar Akutansi Pemerintahan (SAP) yang berbasis Akrual. “Selama ini pengelolaan keuangan daerah melaksanakan penerapan akutansi berbasis kas menuju Akrual (Cash Basis Toward Acrual) dan mulai 1 Januari 2015 kewajiban tersebut sudah beralih secara penuh menggunakan akuntasi berbasis akrual”, paparnya.
Untuk itu diperlukan komitmen guna menerapkannya, “Sudah menjadi suatu keharusan bagi seluruh Pemda untuk melaksanakan hal ini sesuai dengan Permendagri No.64 Tahun 2013, maka diperlukan bimbingan teknis penyusunan Restatement Neraca Awal Laporan Keuangan SKPD”, katanya.
Untuk itu saya harapkan kepada peserta agar benar-benar serius mengikuti bimtek ini dan jangan mendengarkan saja, tetapi diharapkan akan terjadi komunikasi dua arah antara peserta dan narasumber, jangan hanya diam saja jika memang belum mengerti atau paham bertanyalah, imbuhnya.
Oki juga menegaskan agar seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut hingga tuntas. “Jangan tinggalkan tempat ini sebelum selesai tuntas semuanya, ikuti terus menerus, tidak ini hari datang besok tidak hadir, saya berharap hal ini menjadi perhatian para pimpinan SKPD”, ujarnya.
Sebelumnya Kepala Bagian Keuangan Pemko Tebingtinggi Malkan Hasibuan SH menyampaikan, materi yang disampaikan dalam bimtek diantaranya Pengertian Umum Restatemen Neraca Awal, sumber data, laporan yang disajikan ulang, Perhitungan Penyusutan aset tetap, Piutang dan lain-lain.
Adapun metode pengajaran yang dlakukan meliputi, pra test, ceramah, pendalaman materi, simulasi, diskusi dan tanya jawab serta Post Test. hadir dalam pembukaan Bimtek Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Utara Ramli Lubis. (WR)