Tagana Diminta Jadi Relawan ‘Tanpa Imbalan’  

  • Whatsapp
walkot
KUKUHKANWalikota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan ketika mengukuhkan kepengurusan Tagana Kota Tebingtinggi Priode 2015-2018 di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Jalan Gunung Lauser”.
buananusantaraonline.com-Tebing tinggi
 
Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Tebingtinggi priode 2015-2018 secara resmi dikukuhkan oleh Walikota Ir Umar Zunaidi Hasibuan, Kamis (3/9), di Aula Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Jalan Gunung Lauser Kota Tebingtinggi. Walikota meminta kader Tagana siap menjadi relawan tanpa imbalan.
Terpilih kembali menjadi Ketua Tagana Kota Tebingtinggi yaitu Kaharuddin Nasution yang akrab disapa Gaban. Tagana merupakan pekerja sosial yang bila mana diperlukan ketika terjadi bencana seperti banjir, kebakaran, angin topan dan longsor harus siap sedia mengabdikan diri tanpa pamrih dan imbalan jasa.
Umar Zunaidi Hasibuan berpesan kepada seluruh anggota Tagana Kota Tebingtinggi yang baru dilantik agar menjalankan tugas dengan baik ditengah-tengah masyarakat, terutama mengutamakan keselamatan orang lain dari pada keselamatan dirinya sendiri yaitu ketika terjadi banjir besar, anggota Tagana harus siap terjun kelapangan baik siang dan malam hari. “Jadilah orang yang berjiwa sosial tinggi. Jangan harap ada imbalan pamrih,” pinta Umar.
Program Tagana saat sekarang ini adalah mengadakan Posko Siaga 24 jam, saat ini sangat dibutuhkan sosok sosial Tagana untuk membantu masyarakat yang tiba-tiba mengalami bencana. “Kedepan, saya harapkan Tagana menjadi organisasi sosial yang siap membantu masyarakat dalam pra bencana, keadaan bencana dan paska bencana, namun untuk kesiapan itu, Tagana harus perlu latihan dan peralatan”, imbuhnya.
Sebelumnya, Ketua Tagana Tebingtinggi Kaharuddin Nasution yang juga anggota DPRD mengatakan bahwa Tagana kedepan semakin profesional dalam melakukan pertolongan mana kala terjadi bencana. Posko Tagana Tebingtinggi yang berkantor di Dinas Sosial akan buka selama 24 jam. “Apabila membutuhkan bantuan, Tagana Kota Tebingtinggi kami siap 24 jam,” paparnya.
Menurut Kaharuddin, kehadiran Walikota Tebingtinggi untuk mengukuhkan kepengurusan Tagana adalah bentuk penghargaan dan motivasi bagi seluruh anggota dalam melaksanakan tugas-tugas sosial di lapangan.
Tampak hadir, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja H Syaiful Fahri SP MSi, Danramil 13 Tebingtinggi Kapten Inf Salehan, mewakili Datasemen Brimob AKP Leo R Sembiring, Kepala Bencana Drs Wahit Sitorus serta Camat Padang Hilir Dedi Siagian. (WR)