Wawako Tebingtinggi Buka Workshop Pelayanan Prima Bidkes

  • Whatsapp
wakil walikota tebing tinggi
Buananusantaraonline.com-Tebingtinggi
 
Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar membuka secara resmi ‘Workshop Pelayanan Prima Bidang Kesehatan (Bidkes)’ yang diselenggarakan Pemeritah Kota Tebingtinggi melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Rabu (26/8) di Gedung Hj Sawiyah Nasution Jalan Sutomo kota setempat.
Wakil Walikota mengataka, kegiatan ini merupakan upaya Pemko Tebingtinggi mendorong semua aparatur pemerintahan khususnya dibidang kesehatan agar mampu melakukan pelayanan prima terhadap pasien dan keluarga yang membutuhkannya. “Untuk mengaktualisasikan hal tersebut petugas kesehatan harus faham betul apa itu ‘pelayanan prima’ yakni memberikan pelayanan lebih dari yang diharapkan oleh pasien atau keluarganya”, terang Wawako Tebingtinggi.
Menurut dia, untuk melaksanakan hal tersebut akan mudah dan ringan apabila dikerjakan dengan hati yang ikhlas untuk membantu, dan itu Tuhan pasti tau apa imbalannya. “Saat ini pelayanan kesehatan di rumah sakit milik pemerintah sering mendapatkan sorotan tajam karena dianggap tidak memenuhi kriteria pelayanan yang baik yang dilakukan petugas”, lanjutnya.
Disampaikan juga oleh Oki bahwa pelayanan kesehatan merupakan bagian pelayanan publik yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah, yang diatur dalam UU No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. “Meskipun mewujudkan pelayanan prima tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena pasti membutuhkan perubahan mindset atau cara berfikir dan kultur penyelenggara, yakni watak birokrasi dari yang dilayani jadi melayani”, tandasnya.
Namun demikian, ada 3 prinsip yang perlu dikembangkan dalam menciptakan pelayanan prima yakni Attide (sikap), Attention (perhatian) dan Action (tindakan) yang dilakukan secara berbarengan oleh petugas kesehatan.
Sebelumnya Kepala BKPP H Erwin Suheri menyampaikan, workshop ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Puskesmas dan RSUD Kumpulan Pane, pejabat struktural maupun fungsional dan berlangsung selama dua hari 26 hingga 27 Agustus 2015.
Tampil sebagai narasumber Marlis Roni Tua SKM M.Kes (Widyaiswara Bapelkes Sumut), Marice P Ners MMR (Fakultas Kesehatan Masyarakat USU) dan Putri Citra Cinta Asyura SKM MPH (Departemen AAK FKM USU Medan). (WR)