Pemko Tebingtinggi Gelar Sholat Idul Adha di Lapangan Brimob

  • Whatsapp
foto1
Buananusantaraonline.com-Tebingtinggi
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemko Tebingtinggi yang akan melaksanakan sholat Idul Adha 1436 H sesuai keputusan pemerintah pusat yakni pada hari Kamis 24 September 2015, akan menggelarnya di lapangan Brimob Jalan Ahmad Yani bukan di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Tebingtinggi.
Bertindak sebagai khatib Drs H Bisman MHI yang juga ketua Pengadilan Agama Kota Tebingtinggi sedangkan imam Al Hafidz H Fadlansyah Putra Purba S.PdI. Sedangkan informasi yang diperoleh pada Bagian Adm Kesra menyebutkan bahwa Pemko Tebingtinggi dalam hal ini Walikota Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menyembelih dua ekor lembu yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada fakir miskin.
Sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga melakukan kurban. Misalnya, Dispenda menyembelih empat lembu, kemudian Dishub dan kantor Camat Padang Hulu. “Belum semua laporan masuk ke Kesra, baru itu yang ada laporannya,” ujar seorang staf Bagian Kesra Pemko Tebingtinggi, Senin (21/9).
Berdasarkan surat himbauan No.0051/6429/Adm. Kesra tanggal 16 September 2015, Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, mengajak umat Islam untuk menyemarakkan hari raya Idul Adha dengan mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil di berbagai masjid dan mushalla. “Kepada Dinas Kesehatan agar melakukan pemantauan terhadap hewan sembelihan”, himbau surat edaran tersebut.
Muhammadiyah Sembelih 30 Lembu.
Sementara itu, Keluarga besar Muhammadiyah Kota Tebingtinggi, menyambut hari raya Idul Adha 1436 H akan melaksanakan pemotongan hewan kurban di berbagai masjid dan ranting yang ada. Total keseluruhan lembu yang akan disembelih sebanyak 30 ekor ditambah empat ekor kambing. Sedangkan pelaksanaan sholat Idul Adha dilaksanakan bervariasi sesuai kebutuhan jemaah.
Hal itu disampaikan Ketua PD Muhammadiyah kota Tebingtinggi Ali Hasan Lubis S.Pd (foto) kemarin, terkait hari besar umat Islam itu. Dikatakan bahwa jumlah hewan kurban yang akan disembelih itu masih sementara, namun dipastikan jumlahnya lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya.
Ditambahkan Ali Hasan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha keluarga besar Muhammadiyah kota Tebingtinggi akan berlangsung pada Rabu, 23 September 2015, bertempat di lapangan TC Sosial Jalan Pendidikan Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Tebingtinggi Kota. Bertindak sebagai imam/khatib Ustadz Hasrat Effendi Samosir MA dari Medan.
Meski sholat Idul Adha dilakukan terpusat, namun ada juga ranting yang menyelenggarakan sholat Idul Adha pada Kamis 24 September 2015 misalnya PR Muhammadiyah Tambangan. “Alasannya jemaah di sana banyak yang simpatisan dan kaum muslimin umumnya,” ujar Ketua PD Muhammadiyah itu. (WR)