Wako Tebingtinggi : Berqurbanlah Dengan Iklas Bukan Karena Kesombongan

  • Whatsapp
 Walikota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM
Walikota Tebingtinggi
Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM
Buananusantaraonline.com -Tebingtinggi
Marilah kita berqurban dengan keikhlasan bukan karena kesombongan. Ini merupakan hikmah yang kita ambil dari niat berqurban ummat Islam ditengah kondisi ekonomi yang melemah saat ini.
Hal itu diungkapkan Walikota (wako) Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM dalam sambutan Idul Adha 1436 H, atas nama Pemerintah Kota Tebingtinggi, Kamis (24/9) di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Tebingtinggi.
Sholat Idul Adha yang dihadiri ribuan ummat Islam Kota Tebingtinggi itu, bertindak sebagai imam H Fadlansyah Putra Purba dan Khatib Drs H Bisman MHI, juga terlihat Ketua MUI H Ahmad Dalil Harahap, sejumlah anggota DPRD, Sekdakot Johan Samose Harahap, para pimpinan ormas Islam serta pimpinan SKPD.
Pemerintah Kota Tebingtinggi mengucapkan selamat kepada ummat Islam Kota Tebingtinggi yang telah melaksanakan qurban pada tahun ini, dimana terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya, bahwa total keseluruhan hewan qurban sebanyak 600 ekor sapi dan 90 ekor kambing. Dimana sebanyak 573 ekor sapi dan 90 ekor kambing, tersebar di 5 kecamatan dan 35 kelurahan, sedang 37 ekor sapi lainnya merupakan qurban di jajaran Pemko Tebingtinggi.
“Dari peningkatan jumlah qurban ini dan dalam kondisi ekonomi bangsa yang melemah ini, para pequrban hendaknya menjadi hamba yang taqwa dan iklas semoga diterima Allah dengan sebaik-baiknya, serta rasa kepedulian sosial yang diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan kita, bukan menunjukkan kesombongan. Kejadian di Arafah akan mengingatkan kita untuk mengetahui siapa yang lebih  mengenal dirinya maka ia akan lebih mengenal Tuhan-nya”, ujarnya.
Umar Zunaidi Hasibuan juga mengingat bila terjadi perbedaan dalam penentuan hari raya tahun ini, itu merupakan ijtihad masing-masing, jangan jadikan konflik, tetapi jadikanlah kesyukuran bagi kita agar dapat lebih meningkatkan iman dan ketaqwaan.
Walikota juga menyampaikan informasi tentang jemaah haji Kota Tebingtinggi semua dalam keadaan sehat dan pemondokannya tidak jauh dari Mekah dan Arafah. Dan kepulangan jemaah haji diperkirakan pada 4 Oktober dan akan disambut di Mesjid Raya.
Sementara Khatib Drs Bisman SHI dalam inti khutbahnya menyampaikan bahwa diantara banyak ketauladan dari keluarga Nabi Ibrahim As, ada dua hal yang bisa kita ambil hikmahnya, diantaranya keteguhanya dalam prinsip tauhid dan perhatian serta pembinaan terhadap generasi penerus yang soleh.
Usai sholat Idul Adha, Walikota dan Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar mengadakan open house di rumah dinas masing-masing yang diperuntukkan bagi ummat Islam. (WR)