Hari Ibu ke 87 Diperingati Sederhana Peranan Perempuan dan Laki-Laki Setara Dalam Pembangunan

  • Whatsapp
logo kasih sayang
www.buananusantaraonline.com, Tebingtinggi – Peringatan Hari Ibu Ke 87 di Kota Tebingtinggi diperingati secara sederhana di gedung Balai Kartini, Selasa (22/12) dihadiri Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta pengurus Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, Dharma Adyaksa Karini, Bhayangkari, Persit Kartika Candra Kirana dan GOW se Kota Tebingtinggi.
Dalam peringatan hari ibu itu, Umar Zunaidi Hasibuan menjelaskan bahwa kaum perempuan mempunyai nilai-nilai perjuangan, dimana kaum perempuan Indonesia selalu mendambakan persatuan kesatuan, kebangsaan, kemerdekaan Indonesia, kasih sayang ibu dan nilai berkorban berjuang membangun bangsa.
Peranan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan mensyaratkan kesetaraan berbasis gender dan wilayah tanpa memandang status sosial, agama, suku dan dapat dinikmati oleh semua masyarakat termasuk penyandang disabilitas, lanjut usia, anak-anak, kelompok adat yang terpinggirkan. “Perempuan dan laki-laki memiliki peran yang adil dan setara dalam mencapai pembangunan berkelanjutan pada bidang kesejahteraan ekonomi, sosial, politik dan mendapatkan akses serta kesempatan yang sama mendapatkan sumber daya pembangunan termasuk akses informasi, teknologi dan komunikasi”, jelas Umar.
Dijelaskan kembali, perempuan Indonesia harus dilihat sebagai objek dan aset pembangunan yang potensial dan digerakan potensi-potensi yang ada pada diri kaum perempuan didorong kearah yang lebih baik. “Atas nama Pemerintah Kota Tebingtinggi, saya menyampaikan apresiasi atas peran aktif diberbagai sektor pembangunan. Penghargaan buat para tokoh perempuan Tebingtinggi yang telah berjuang bagi kemajuan kota ini”, paparnya.
Umar Zunaidi kembali mengajak semua pihak untuk meningkatkan kemitraan perempuan dengan laki-laki dalam hal membangun ketahanan ekonomi rumah tangga, mendorong terwujudnya keadilan dan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Perempuan mempunyai peran serta dalam lembagap pemerintah dan non pemerintah guna meningkatkan produktifitas ekonomi yaitu bidang industri rumah tangga guna menanggulangi kemiskinan”,tukasnya.
Dalam peringatan Hari Ibu tersebut diberikan hadiah kepada para pemenang berbagai kegiatan perlombaan. Untuk Lomba Ibu Mandiri keluar Juara I, II dan III masing-masing Sumiati, Rini Kusendang dan Erni. Lomba Ibu berprestasi, Nuraisyah, Lismawati dan Zuriana, Harapan I Mastita Damanik, II Eliana Ningsih dan III Eka Purnama Yanti. Sedangkan untuk kategori penyapu jalan berprestasi masing-masing Iradawati, Siti Rohayah dan Anik. (WR)