Umar Zunaidi Resmikan Kegiatan PLPBK Program IUWASH

  • Whatsapp

seksi tankBuananusantaraonline.com-Tebingtinggi, Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM meresmikan kegiatan Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Kominitas (PLPBK) Proyek Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) Kelurahan Tanjung Marulak Hilir Kecamatan RambutanRabu (20/1).Kegiatan tersebut merupakan program Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH) United States Agency for International Development (USAID) di kota Tebingtinggi.

Peresmian yang dihadiri Chief Of Party USAID IUWASH Louis O’Brien, Tri Geani Linggo Atmojo dan Madam Maria Pinto (Health Office/MCH) dan Mariya Rakhovskaya (DRG Office) dari USAID.
Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakanpembangunan sanitasi dan pemukiman kumuh tidak mungkin hanya dilakukanpemerintah sendiri, harus dilakukan bersama-sama dengan semua komponen masyarakat. Peranan para pengusaha, BUMN, BUMD dan Perbankan dapat pula menyalurkan CSRnya untuk peningkatan sanitasi, perbaikan pemukiman dan lingkungan.
Selain hal tersebutdiperlukan intervansi pemerintah daerah seperti Dinas PU, PDAM Tirta Bulian, Dinas Sosial, Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Lingkungan Hidup ikut melakukan berbagai kreatifitas dan inovasi. Tahun 2016 Pemko Tebingtinggi sudah mengajukan permohonan kepada Menteri PU Pera untuk perbaikan 600 unit RTLH melanjutkan program yang sudah dilaksanakan tahun sebelumnya ada 1000 unit rumah yang telah direalisasikan”, jelas Umar Zunaidi.
SebelumnyaTrigeany Linggo atmojo dari Environment office/WASH menyampaikan apresiasi dan salut kepada Pemerintah Kota Tebingtinggi yang sangat berperan aktif dalam membantu program-program USAID dan IUWASH di kota itu dengan memberikan dukungan pelatihan kepada warga masyarakat. “Beberapa keterampilan yang diberikan kepada warga tersebut sangat membantu berjalannya program kerjasama IUWASH dan USAID di Kota Tebingtinggi”, katanya.
Kepala Bappeda Tebingtinggi Gul Bakhri Siregar SIP M.Smengatakan, kegiatan PLPBK P2KKP dilaksanakan dengan beberapabagian, mulai dari sosialisasi, perencenaan, penguatan, perencenaan dan pemasaran. Berikutnya pembangunan jalan paving blok dengan volume 862,30 M, pembangunan saluran drainase volume 861,90 M, resapan bioppori sepanjang jalan paving blok. Tebingtinggi kembali mendapat dana BLM Kolaborasi percepatan penanganan kumuh (P2KKP) sebesar Rp miliar”, jelasnya.
Pada kesempatan tersebuttim IUWASH dan USAID melakukan peninjauan ke beberapa lokasi pembangunan yang sudah dilakukan,diantaranya Septic Tank Individual, Taman Bermain dan jalan setapak di Kelurahan Tanjung Marulak Hilir.
Dalam kegiatan tersebut diberikan juga hadiah kepada pemenang Lomba Rumah Bersahaja, Juara I, II dan III masing-masing Keluarga Ridho, Sutikno dan Ny Ratna serta lomba kreatifitas anak-anak yang merupakan bagian program Lomba Dance, diraih Group Un Pill Racing, Group The Base Camp dan Group Manggis. (Hans)