Plt Gubsu : Rute Baru Garuda Jakarta-Silangit Dukung Pengembangan Danau Toba

  • Whatsapp

Buananusantaraonline.com-MEDAN, Plt Gubernur Sumatera Utara H erry Nuradi menyambut gembira rute baru penerbangan Garuda Indonesia Jakarta-Silangit yang akan dimulai pada 22 Maret . Menurut Plt Gubsu penerbangan langsung dari Jakarta ke Silangit sangat strategis dan akan mendukung pengembangan kawasan strategis nasional  Danau Toba.

Hal itu diungkapkan Plt Gubsu saat menerima kehadiran vice president domestic region I (Sumatera) PT Garuda Syamsuddin JS beserta rombongan di Kantor Gubsu, Jumat (18/3). Hadir dalam kesempatan itu Kepala Badan Investasi dan Promosi Provsu Purnama Dewi dan Plt Assisten Ekbang Ibnu Hutomo.

Bacaan Lainnya

Erry Nuradi mengungkapkan kegembiraanya dengan dibukanya rute baru Jakarta-Silangit yang akan sangat mendukung pengembangan kawasan disekitar Danau Toba. Penerbangan langsung Jakarta-Silangit menurutnya adalah suatu kemajuan terhada pengembangan wisata Danau Toba sebagai tindak lanjut kunjungan presiden ke Danau Toba belum lama ini.

“Kita tentunya menyambut gembira, mudah-mudahan ini akan menjadi hal yang positif bagi kemajuan masarakat di sekitar kawasan Danau Toba juga bagi pengembangan pariwisata di kawasan strategis nasional Danau Toba,” ujar Erry.

Plt Gubsu dalam kesempatan itu meminta agar PT Garuda bisa menempatkan Bandara Kuala Namu sebagai persinggahan dalam penerbangan dari dank e Eropa. Tujuannya agar  kunjungan wisatawan asal Eropa ke Sumatera Utara dapat ditingkatkan seperti pada masa sebelumnya.

“Dulu ada penerbangan langsung dari Eropa ke Medan saat itu masih bandara Polonia bahkan. Kami mengusulkan penerbangan Eropa bisa singgah di Kualanamu untuk pengemangan wisata,” ujar Plt Gubsu.

Dalam laporannya, Syamsuddin menjelaskan untuk tahap awal penerbangan Jakarta ke Silangit akan dilakukan sebanyak 3 kali dalam sepekan yaitu pada setiap hari Jumat, Minggu, dan Selasa. Penerbangan menurutnya dijadwalkan pukul 08.50 WIB dari Cengkareng dan akan tiba di SIlangit pada jam 10.50.

Rute Jakarta-SIlangit adalah pengembangan dari rute yang sudah ada yaitu Jakarta –Pinang Sori (Sibolga) yang terbang setiap hari. Pada setiap tiga
hari dalam sepekan, rute penerbangan menjadi Jakarta-SIlangit-Pinang Sori (Sibolga). “Kalau ke depan responnya  bagus kami akan tingkatkan frekuensi dan kapasitas penerbangannya,” ujar Syamsuddin.

Wartawan Unit Gubsu: Ayu Lubis

Pos terkait