Soekirman Tutup MTQ XII dan FSN XIII Tahun 2016

  • Whatsapp

PUKUL BEDUG : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sedang memukul beduk tanda ditutupnya secara resmi pelaksanaan MTQ Ke- XII dan FSN ke-XIII tahun 2016 tingkat Kabupaten di kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Kamis malam (24/3). (Photo : Doc. Bp/WR)

*Pembinaan Menjadi Kunci Keberhasilan Mencapai Prestasi

Bacaan Lainnya

Buanapos-Pegajahan, Pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XII dan Festival Seni Nasyid (FSN) ke-XIII tahun 2016 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang digelar sejak 21 Maret lalu di kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan pada Kamis malam (24/3) secara resmi ditutup oleh Bupati Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya.

Penutupan yang ditandai dengan pemukulan beduk dan penurunan bendera turut dihadiri Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST, anggota DPRD, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Hj.Imas Haris Fadillah, Muspika, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, para Camat se- Sergai, Ketua MUI Sergai H. Luckman Yahya, Kakan Kemenag H. M. David Saragih, Ketua IPHI Sergai, Dewan Hakim, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kades/Lurah serta ribuan undangan lainnya dari berbagai daerah.

Acara yang digelar selama empat hari berlangsung meriah penuh semangat dari para pendukung masing-masing. Terutama kecamatan Perbaungan yang mengulang kesuksesan seperti tahun lalu dengan keberhasilannya meraih Juara Umum I untuk MTQ serta berhak memboyong piala bergilir dari Bupati Sergai. Disusul dengan Kecamatan Tebing Tinggi yang meraih juara umum II dan Pantai Cermin juara umum III.

Sedangkan untuk juara umum FSN XIII tahun 2016 diraih oleh Kecamatan Tebing Tinggi. Untuk Kafilah Pawai Ta’aruf terbaik pertama diraih kafilah Kecamatan Perbaungan, terbaik kedua Kecamatan Sei Rampah dan terbaik ketiga diraih oleh PGRI.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada pemenang atas prestasi yang telah dicapai, dan berharap kepada para pemenang MTQ dan FSN agar menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat serta menjadi roda penggerak gerakan membaca Al-Qur’an.

Bagi para kafilah yang belum memperoleh keberuntungan untuk tampil sebagai juara, kiranya dapat berusaha dan berlatih lebih giat lagi hingga nantinya pada event- event yang akan datang keinginan untuk tampil sebagai juara dapat diraih, ujar Bupati Soekirman.

Oleh karenanya Bupati Sergai menghimbau kepada para Camat agar lebih memberi perhatian khususnya terhadap pembinaan para generasi muda yang mempunyai bakat dalam bidang Tilawatil Qur’an dan Seni Nasyid, sehingga kelestarian seni membaca Al-Quran dan budaynasyid dapat tetap terjaga dimasa yang akan datang. “Pembinaan menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai prestasi yang baik pada ajang tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional dan Internasional”, pungkas H. Soekirman.

Sebelumnya Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST mengutarakan bahwa Al-Qur’an sebagai acuan hidup bagi umat Islam, namun disayangkan kemajuan peradaban saat ini telah menghanyutkan umat semakin menjauhi Al- Qur’an . Oleh sebab itu penyelenggaraan MTQ dan FSN setiap tahunnya mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional merupakan media yang strategis untuk mengunggah semangat umat Islam kembali ke-Al-Qur’an.

Bagi kaum muslimin Al-Qur’an adalah sumber inspirasi karena didalamnya terdapat kandungan yang mengajak dan memotivasi umat untuk secara bersama- sama berkontribusi membangun serta menghadirkan sebuah peradaban menuju kearah yang lebih baik, ujar H. Syahlan Siregar.

Adapun pemenang untuk cabang MTQ golongan Murattil putra terbaik I diraih oleh Muhammad Irham Wiryatama (Kecamatan Panti Cermin) dan terbaik I putri diraih Nuri Salsabila (Sei Bamban), golongan tilawah anak-anak putra terbaik I diraih Muammar Khadafi (Sei Bamban) dan terrbaik I putri diraih Khairatun Ihsan (Teluk Mengkudu).

Sedangkan untuk cabang Musabaqah Hifzh Al-Qur’an (MHQ) golongan hafizh putra 1 juz terbaik I diraih Muhammad Asril Sinaga (Tebing Tinggi) dan terbaik I putri diraih Rafita (Tebing Tinggi), cabang Musabaqah Tafsir Al-Qur’an (MTA) golongan mufassir bahasa Indonesia terbaik I diraih Muhammad Fadli Al Hadi (Tebing Tinggi), golongan mufassir putra terbaik I diraih Hamidi Asgori Lubis (Bintang Bayu), golongan mufassir Bahasa Inggris putra terbaik I diraih Kadek Asmara Kandi Lubis (Perbaungan).

Kemudian untuk cabang FSN golongan putra terbaik I diraih grup Al Husni (Perbaungan), terbaik II diraih Al Purqon (Tebing Tinggi), terbaik III diraih Al Azki (Silinda). Cabang FSN putri terbaik I diraih grup Al Amaliyah (Serba Jadi), terbaik II Annisatun Jamilah (Tebing Tinggi) dan terbaik III Al Kahfi (Dolok Masihul). (Ramadhan)

Pos terkait