Penyusunan Dokumen SIA( Social Impact Assessment) Wilayah Dser II Tahun 2020

  • Whatsapp

Deli Serdang, BUANAPOS. net – SIA( Social Impact Assessment), adalah suatu metode untuk mereview pengaruh pengaruh sosial, budaya, dan ekonomi dari peroprasiannya dan intervensi – intervensi pembangunan yang lain. 

SIA bertujuan untuk mengindentifikasi efek yang diinginkan dan tidak diinginkan dari intervensi yang direncanakan dalam rangka mengembangkan rencana pengeloloan yang berkelanjutan. 

Bacaan Lainnya

Berkaitan dengan ini Dser II PTPN 3 yang terdiri dari kebun Sei Putih, kebun Sarang Giting, kebun Tanah Raja, kebun Rambutan, mengadakan penyusunan dokumen SIA, wilayah Dser II, tahun 2020, yang diadakan, Senin (06/07) di gedung Pamitran PTPN 3 Sei Karang Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang. 

Sedangkan dua kebun lagi Hapesong dan Batang Toru diadakan setelah kegitan di Sei Karang, berhubung kedua kebun ini lokasinya jauh. 

Acara penyusunan dokumen SIA Dser II tahun 2020 di Sei Karang ini dibuka oleh Maneger Distrik Serdang II, Sugiarto yang diwakili Kabid Umum Edi Lesmana. 

Edi Lesmana dalam sambutan pembukaannya mengucapkan terima kasih atas semua undangan yang hadir terkait dalam acara kegiatan penyusunan dokumen SIA Dser II, yang bertujan untuk melihat sudah sejauh mana Dser II bekerja sama dengan Stake holder yang ada diwilayah Dser II, baik mengenai CSR, mitra binaan dan bina lingkungan. 

Sebagai fasilitator dan pemandu dalam acara ini dari dari lembaga penelitian Universitas Sumatera Utara (USU), terdiri dari Mena Uli Tarigan(ketua tim), DR Zulkifli Lubis, Sri Alem, Putri. 

Mena Uli Tarigan, didampingi DR Zulkifli Lubis dalam sambutan arahannya mengharapkan kepada stake holder yang terdiri dari para camat, Kapolsek, Koramil, wartwan, LSM , serta dari SP-Bun, gender, dan pemasok perkebunan agar dalam acara ini memberikan masukan pada acara penyusunan dokumen SIA wilayah perkebunan Dser II, mengenai kekurangan kekurangan maupun hubungan kerja sama yang baik selama ini dengan masyarakat disekitar kebun. 

Bagaimana peran aktif PTPN3 selama ini, apakah perkebunan sudah memperhatikan masyarakat, kalau memang sudah, bagaimana sebaliknya apakah masyarakat juga sudah memperhatikan keberadaan perkebunan. Hal inilah yang perlu dijalin kebersamaan dengan masyarakat, agar kebun dapat bekerja dengan nyaman, tentunya kebun juga dalam hal ini dapat memberikan dan membagikan laba perusahaan kepada masyarakat melalui CSR, mitra binaan, bina lingkungan dan lain sebagainya. 

Dalam acara yang dipandu DR Zulkifli Lubis, para stake holder banyak menyampaikan masukan baik yang selama ini sudah berjalan bagus maupun masukan berupa kekurangan  dari perusahaan perkebunan Dser II. Penyampaian serupa juga datang dari SP-Bun, gender, dan pemasok kebun. 

” Dari masukan masukan ini, nantinya dirangkum dalam suatu buku dan dilaporkan kepada pihak perkebunan, agar dapat menjadi bahan pertimbangan dan dapat dilaksanakan sesuai kondisi perusahaan,” pungkas Mena Uli Tarigan, ketua tim pemandu dari USU. 

Terpisah, setelah selesai acara, JM Distrik Serdang 2, Sugiarto melalui Kabid Humas Edi Lesmana saat ditemui wartawan mengatakan,” sehubungan dengan Stake holder di PTPN3 selama ini sudah baik, semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Dengan adanya acara ini kita banyak menerima saran dan kritik untuk memperbaiki kinerja kita ke depan,” ucapnya. 

Lanjudnya, kalu kinerja PTPN3 baik dampak dari hasilnya dapat dinikmati masyarakat seperti melalui, CSR, mitra binan, dan bina lingkungan,” pungkas Edi lesmana mewakili JM Dser Serdang II. 

Acara ini dihadiri antara lain maneger perkebunan Distrik Serdang II Sugiarto diwakili Kabid umum Edi Lesmana, seluruh stake holder, para muspika yang berdampingan dengan kebun Dser II diantaranya, Camat Galang Marjuki Hasibuan, Kapolsek Galang AKP Reymond G Hutagalung, Dan-ramil 18 Galang Kapten Inf Noor Rosid diwakili Sertu Sinai Suhendra, camat Serba jadi Kahar Efendi diwakili Sekcam Muryani, Kapolsek Dolok Masihul AKP P. Panjaitan diwakili Waka Polsek diwakili waka Polsek Iptu A Santika, Dan-ramil 16 Dolok Masih

Masihul Kapten Kav Bambang Hermanto diwakili babinsa Dolok Masihul, camat Teluk mengkudu, Kapolsek Teluk Mengkudu AKP BP Pakpahan SH, camat Bamban J Gultom SH,Kapolsek Kec. Tebing Tinggi Iptu Dhorarra SH MH didampingi waka Polsek Iptu Sitompul dan Kanit Binmas Jamal SP, wartawan, LSM, para utusan maneger perkebunan se Dser II, SP-Bun, gender, pemasok diperkebunan. 

Acara dirangkaikan fhoto bersama dan santab siang dengan penuh akrab, dan persaudaraan. (Baroes/Agoes). 

 

Pos terkait