Kembangkan Pertanian, DPRD Batubara Dorong Pemkab Jalin Mou dengan BPTP

  • Whatsapp

Batubara, buanapos.com-Komisi II dorong pemerintah untuk segera menjalin kerjasama dengan BPTP. Kita harap BPTP dapat mengembangkan inovasi guna meningkatkan penghasilan petani di Batubara,” kata Ketua Komisi II DPRD Batubara, Ali Hatta

Kepada buanapos.com di Kec.Lima Puluh Kab. Batu Bara Selasa 14/7.2020 Ali Hatta mengatakan, Tujuan kerjasama tersebut adalah bagaimana petani di Batubara dapat mengembangkan (berinovasi) sehingga hasil pertanian di Batubara menjadi komoditi unggulan.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya pengkajian dari BPTP, pertanian di Batubara tidak terkesan temporer atau musiman. Kajian itu yang kita harap dapat diterapkan di Batubara,” katanya.

Menurut Ali Hatta, salah satu contoh teknologi yang dapat dikembangkan adalah pada tanaman cabai. Dengan adanya pengkajian, hasil yang didapat tidak hanya sebatas cabai. Tetapi ada produk turunan yang dihasilkan dari cabai. Sehingga pada saat musim panen harga cabai dapat stabil dan perekonomian masyarakat dapat meningkat.

“Di Kabupaten Batubara ada 12 kecamatan. Kita mau di 12 kecamatan itu ada pengkajian teknologi pertanian. Misalnya di Kecamatan Tg Tiram, apa yang cocok dikembangkan didaerah itu. Kalau Kecamatan Talawi apa lagi dan kecamatan lainnya. Sehingga disetiap kecamatan nantinya ada komoditi yang menjadi unggulan,” ujarnya.

(khairil)

Pos terkait