Perangkat Dan Tokoh Masyarakat Desa Pulau Gambar Mendapat Penyuluhan Tentang PTM

  • Whatsapp

Serdang Bedagai, buanapos.com – Penyuluhan Penyakit Tidak Menular( PTM), merupakan penyakit yang banyak terdapat di masyarakat kita, namun hal ini dianggap penyakit biasa sehingga acap kali mebawa resiko kematian yang artinya PTM ini berbahaya.

Hal ini dipaparkan dan disampaikan oleh Yuni, konsultan kesehatan dari Lembaga Informasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (LIKMI) dibawah pimpinan April Yusdi, yang berlangsung, Jum’at (17/07) di balai desa Pulau Gambar, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai. 

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya,penyakit tidak mematikan namun berbahaya ini sebelum tahun 1990 meliputi penyakit TBC, Cacar, hipatitis B, diare, tipes dll.
Sejak tahun 1990 sampai sekarang,  penyakit PTM beranjak ke penyakit, diabetes, hipertensi, asam urat, kolestrol dll.

Terangnya lagi, bahwa penyakit PTM ini dapat timbul dari faktor keturunan, pola makan tidak teratur dan stres(terlalu banyak beban pikiran). Sehingga kita perlu bagaimana cara mengatasinya.

” Cara mengatasinya atau mengobatinya apabila kita sudah terkena PTM ini ada dua alternatip, antara lain pengobatan secara medis dan non medis ( herbal), serta menjaga pola makan yang tertur ditambah olah raga yang teratur pula, ” jelasnya.

Sahrin kadus 2 Desa Pulau Gambar setelah selesai acara kegiatan, ditemui wartawan mengucapakan,” terimakasih atas kegiatan ini, karena kami dengan mengikuti penyuluhan ini dapat masukan atas penjelasan atau paparan dari LIKMI, tentang menanggulangi dan pengobatan penyakit PTM dan pencegahannya,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri, Kades Pulau Gambar yang diwakili Sekdes Edi Prayetno, ketua BPD, wakil ketua BPD, para  perangkat Desa dan tokoh masyarakat. ( Boroes). 

Pos terkait