Bupati Bersama Ketua DPRD Batu Bara Tinjau Tanggul Sungai Dalu-Dalu

  • Whatsapp

Batubara, Buanpos.net
Setelah menerima laporan Camat Air Putih akan kondisi tanggul tepi Sungai Dalu Dalu Desa Suka Raja Kecamatan Air Putih terancam longsor, Sabtu (18/07/2020),  Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP bersama Ketua DPRD, M Safi’i SH melakukan peninjauan.

Kondisi ini perlu dapat perhatian, sebab membahayakan pertanian padi dan perlu pemeliharaan tanggul yang longsor untuk menyelamatkan lahan pertanian yang kurang lebih 10 hektar terancam digenangi air.

Bacaan Lainnya

“Ya sudah minta Dinas PUPR Batu Bara menurunkan excavator amfibi, meskipun ini sungai kawalan Dinas Perairan Provinsi Sumatera Utara,“ kata Bupati.

Menurut Bupati Zahir, secepatnya persoalan ini untuk dilakukan kordinasi dan perencanaan karena ini adalah aksesnya pertanian, sehingga tidak membuat resah petani Desa Suka Raja.

Dalam pertemuan itu M Rapik Kades meminta agar antisipasi tanggul tidak jebol segera digali sungai yang lama, supaya air sungai itu mengalir ke sungai bisa terbagi dan tekanan air tidak deras ketanggul yang rusak akibat longsor.

“Kalau ini tidak cepat diperbaiki bukan saja lahan pertanian yang terancam, pemukiman warga juga akan terancam digenangi air,“ ungkapnya.

Sebelumnya, Camat Air Putih Chaidir Rahmat Lubis menerangkan bahwa iya bersama Kades sudah segala cara untuk mengangkat masalah  itu agar segera mendapatkan perhatian.

“Dua kali saya surati resmi ke Dinas PUPR Kabupaten Batu Bara bermaksud ada solusi sementara, tapi belum  ada respon,“ beber Chaidir camat Air Putih.

Chaidir Rahmat camat Air Putih mengatakan, respon dari PUPR cuman menunggu Sumber Daya Air (SDA) Provsu yang mengerjai“Itu memang ranahnya Provsu untuk R.APBD Provsu tahun 2021,” katanya.
(khairil)

Pos terkait