Kapolres Batubara Pimpin Apel Gabungan Ops Patuh Toba 2020

  • Whatsapp


BATUBARA, buanapos.com
– Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis memimpin apel pembukaan Ops Patuh Toba yang di mulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia, Kamis (23/7/2020).

Kegiatan apel diikuti oleh seluruh jajaran terkait seperti Dinas Perhubungan (Disub), TNI yang diwakili Polisi Militer dan Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP)

Bacaan Lainnya

“Di Pandemi Covid-19 dan Adaptasi kebiasaan Baru ini, Operasi Patuh Toba kali ini lain dari biasanya di lakukan. Kami di Batubara lebih mengedepankan 40% sistem jalur lalulintas hindari kemacetan dan lakalantas, 40% di khususkan untuk lebih mengarahkan masyarakat tentang keamanan protokol kesehatan berkendara menggunakan masker juga helm, serta mentaati protokol kesehatan. Selanjutnya 20% terahir di khususkan untuk tindakan tegas para pelanggar lalulintas,” ujar Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis.

Ikhwan menambahkan, peraturan tersebut agar bisa di patuhi para penindak Operasi Patuh Toba dikarenakan menimbang situasi pandemi Covid-19.

“Kita harus lebih santun dan lebih mementingkan masyarakat agar tidak menjadi permasalahan di tengah kesusahan masyarakat,” tegasnya mengakhiri.

Dalam gelar upacara dan rapat konsulidasi kepada seluruh intansi pelaku Operasi Patuh Toba, semua unsur yang menjadi ketentuan di setujui oleh seluruh peserta Ops Patuh Toba 2020.

Kemudian Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis membacakan amanat Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Martuani Sormin menegaskan, kegiatan ini berdasarkan Program Decade Of Action For Roada Safety 2011-2020 atau Dekade Aksi Keselamatan jalan yang telah dicanangkan oleh PBB.

Tujuannya mengurangi korban meninggal dunia pada tahun 2020, pada penyelenggara system yang terpadu yang tertuang dalam rencana umum nasional keselamatan (RUNK) melalui 5 (lima) pilar.

Diantaranya, Manajemen Keselamatan jalan,Jalan yang Berkeselamatan,Kendaraan yang Berkeselamatan,Perilaku
Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan dan Penanganan Korban Pasca Kecelakaan,jelasnya.

Operasi patuh toba 2020 memiliki 8 sasaran prioritas Operasi yaitu memfokuskan kepada tiga prioritas pelanggaran tematik yaitu, pengendara motor yang tidak menggunakan Helm Standar, pengemudi/pengendara dibawah umur dan pengemudi/pengendara yang melawan arus.

Dengan penindakan prioritas tersebut diharapkan operasi patuh dapat menekan atau mengurangi angka kecelakaan di jalan raya serta terwujudnya Kamseltibcarlantas yang mantap.
(khairil)

Pos terkait