Pemkab Batu Bara Telah Bedah 505 Rumah Warga, Sisanya 77 Unit Lagi

  • Whatsapp

Batu.Bara buanapos.com-

Selama dua tahun terakhir melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DKPR) Pemkab Batu Bara, telah berhasil membedah 505 rumah warga tidak layak huni (RTLH).

Bacaan Lainnya

Demikian penyampaian Bupati Batu Bara, Zahir diwakili Kadis DKPR, Norma Deli Siregar menjawab wartawan, saat meninjau rumah warga yang telah selesai dibedah, Selasa (11/8/2020).

Kita mau melihat rumah yang dibedah yang bersumber dari APBD Batu Bara. Apakah sudah menjadi layak huni. Dari 9 rumah yang kita kunjungi ternyata seluruhmya sudah menjadi rumah layak huni”, sebut Norma.

Norma menyebutkan program yang tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Batu Bara, pada tahun anggaran 2019 telah selesai dibedah 222 unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Tahun 2020 telah selesai 283 unit. Dan melalui P-PAPBD Batu Bara 2020 direncanakan akan dibedah 77 unit lagi.

Dikatakan Norma, nilai bantuan yang disalurkan kepada masing-masing warga, untuk bedah rumah sebesar Rp 15 Juta. Sebesar Rp 12,5 Juta untuk belanja bahan bangunan dan Rp 2,5 Juta untuk ongkos tukang.

Sedangkan kriteria penerima bantuan bertajuk bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), disebutkan Norma diantaranya merupakan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), dan tanah milik sendiri.

Selain itu termasuk masyarakat berpenghasilan rendah, sudah berkeluarga serta siap berswadaya dalam bentuk tenaga, bahan dan biaya.

Kepada wartawan, Norma Deli mengungkapkan, target Bupati Batu Bara yang menginginkan sebelum berakhir masa jabatannya, seluruh rumah di Kabupaten Batu Bara sudah menjadi rumah layak huni.

Nenek Supinah (86), seorang warga penerima bantuan bedah rumah menyampaikan, puji syukur atas bantuan Bupati dan warga sekitar sehingga rumahnya telah selesai dibangun.
(khairil)

Pos terkait