• Whatsapp

Deli Serdang, BUANAPOS. Net – Kado terpanjang yang diterima masyarakat Desa Manggis, Dusun 3 Buntu Bulat, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai dan Dusun 2 Desa Bandar Kuala, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, adalah total panjangnya 130 meter, lebar 1,5 meter dengan ketinggian 2,5 meter. 

Kodo ini adalah berupa jembatan gantung yang diberi nama ” Jembatan Merdeka,” diberikan kepada masyarakat Desa Manggis dan Desa Bandar Kuala tepat pada hari peringatan HUT RI ke-75, Senin (17/08/2020),  di Dusun 2 Desa Bandar Kuala, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang. 

Bacaan Lainnya

Acara peresmian dan penyerahan jembatan gantung ini, dihadiri Bupati Serdang Bedagai, Ir. H. Soekirman didampingi ,  Ny. Marliah Soekirman, ketua DPRD, OPD Kabupaten Serdang Bedagai, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan yang diwakili Wabup H. M. Yusuf Siregar, para OPD, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara S. Sos. M.Tr (Han) dan jajarannya, Kapolresta Deli Serdang Kombespol Yemi Mandagi SIK beserta jajarannya. 

Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman dalam sambutan merasa bersukur kepada Allah Tuhan Yang Kuasa, tepat pada peringatan HUT RI ke-75, tanggal 17 agustus 2020 hari ini diresmikannya jembatan gantung yang diberi nama jembatan ” Merdeka” dan akan diserahkan kepada masyarakat. 

Jembatan ini yang menyatukan dua Kabupaten, antara Kabupaten Serdang bedagai dengan Deli Serdang.
” Terimakasih kepada pemerakarsa, baik itu Vertical Rescue Indonesia, TNI Kodim 0204/DS serta yang lainnya yang telah bersinergi dan dalam waktu singkat yaitu 10 hari, jembatan sudah dapat dilintasi,” papar Soekirman.

Lanjudnya, ucapan terimakasih kepada Vertical Rescue Indonesia, merupakan p putra – putri Indonesia yang sangat luar biasa yang akan membangun 1000 jembatan di Indonesia.

” Ucapan terimakasih pula kepada media, baik media cetak, media elektronik dan media sosial, atas kritiknya terhadap daerah ini seakan – akan belum merdeka. Atas inspirasi ini maka jembatan ini terbangun atas bantuan dari bermacam pihak Telkomsel, Vertical Rescue, Kodim 0204/DS, jembatan ASA dan seluruh yang terlibat dalam pembuatan jembatan ini, ” terangnya.

Kepada masyarakat, Desa Manggis dan Bandar Kuala jelasnya kembali bahwa, inilah yang merupakan bentuk kebersaman, kegotong royongan, kalau kita kompak semua bisa kita capai,” pungkas Soekirman bupati Sergai itu.

Sementara Bupati Deli Serdanng, Ashari Tambunan pada sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati H. M. Yusuf Siregar, menyampaikan bahwa ini merupakan momen penting dan terbaik bagi dua kabupaten Serdang bedagai dan Deli Serdang. Dengan diresmikannya jembatan gantung ini ditengah wabah Covid-19 yang semakin meningkat, merupakan kebanggaan bagi kita khususnya masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai dan Deli Serdang.

” Tentunya membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat dalam menggerakan roda perekonomian antara dua Kabupaten dalam menambah tingkay kesejahteraan masyarakat. Atas nama Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membangun jembatan gantung Merdeka ini, ” paparnya.

Lanjudnya, semoga jembatan gantung ini menjadi perekat antara kedua desa, dan kedua Kabupaten,” mari sama-sama kita terima jembatan gantung ini semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa merawatnya, ” pungkas, Wabup Deli Serdang.

Dandim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara S. Sos. M.Tr (Han) pada kesempatan ini menyampaikan bahwa ini merupaka momen luar biasa di HUT RI ke-75, jembatan ini dapat berdiri dan sudah dapat digunakan.

Selaku Dandim 0204/DS mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat, terutama Bupati Sergai dan Wabup Deli Serdang, Telkomsel, Vertical Rescue, dan semua pihak yang telah turut serta dalam pembangunan jembatan ini sehingga jembatan yang pertama di Sumatera Utara dari 104 yang telah dibangun yaitu Jembatan Merdeka.

” Mudah-mudahan kedepan akan dibangun lagi jembatan seperti ini dan ini sangat luar biasa sekali, semoga jembatan ini dapat bermanpaat bagi Desa Manggis dan Bandar Kuala,” pungkas Dandim 0204/DS.

Acara dirangkaikan dengan pembukaan tirai prasasti oleh Bupati Serdang Bedagai, Wakil Bupati Deli Serdang, Dandim 0204/DS, kemudian dilanjudkan dengan pemotongan pita dan penyeberangan perdana jembatan” Merdeka ” serta penyeberangan perdana sepeda motor oleh tim Vertical Rescue Indonesia Arif Budiman dengan membonceng anak sekolah SD yang memegang bendera Sang Merah Putih, yang artinya anak-anak sekolah ini telah merdeka untuk dapat bersekolah tidak nyeberang pakai rakit bambu lagi, cukup berjalan kaki dengan santai melalui jembatan gantung Merdeka. 

Turut hadir pada acara ini pada acara ini, ketua DPRD Deli Serdang Zaki Syahri, ketua DPRD Serdang Bedagai dr. M. Risky Ramadhan, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga SE, PUPR Deli Serdang Heriansyah ST. MT, Deputy EVP Telkom Regional 1 Sumut Dwi Pratoma, Kwarcab Pramuka Segai dan Deli Serdang, Muspika Galang dan Serba Jadi, Kades Manggis, Kades Bandar Kuala, Vertical Rescue, komunitas kibarkan ASA, komunitas jembatan Asih, masyarakat. (Baroes ). 

Pos terkait