KM Jaya Samudera 29 Bantuan Kemendes PDTT, Terkesan ditelantarkan

  • Whatsapp

Batubara, buanapos.com-
KM Jaya Samudera 29 ukuran GT 12 No.1945 bn, lambung 2018 Ba. 5193/N dengan jenis alat tangkap Jaring Ikan Lidah, hingga kini terkesan diterlantarkan di tempat penambatan kapal nelayan di Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.
[27/8 11:06] Khairil lubis Buanapos: sebelumya mencoba konfirmasi kedinas kelautan perikanan batu bara, melalui bidang pengadaan, bahwa terkait KM Jaya Samudera 29, dinas perikanan batu bara tidak ada kaitannya, coba konfirmasi kepada kepala desa Durian.

Kepala desa durian Jumhari, ketika dikonfirmasi diruangan kerjanya didampingi Dian Sekretaris desa, Rabu (26/8).
[27/8 11:08] Khairil lubis Buanapos: Mengatakan, Kapal Motor Jaya Samudera 29 adalah bantuan dari pusat melalui Kementerian desa Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi tahun 2018 diperuntukan untuk dua desa, yaitu desa durian dan desa pematang nibung, pengelolaan KM Jaya Samudera 29, kita serahkan kepada bumdes dan selanjutnya diserahkan kepada kelompok nelayan bersama dua desa.

Bacaan Lainnya

Berhubung didesa pematang nibung tidak ada tambatan KM Jaya Samudera 29, maka ditambatkan ditangkahan nelayan desa durian.

Bantuan KM Jaya Samudera 29 diperuntukan untuk mencari ikan dengan jaring ikan  jenis ikan lidah, namun jaring ikan tersebut tidak memadai, cuman sedikit, sekarang ini jaringnya sudah rusak.
[27/8 11:09] Khairil lubis Buanapos: Sehubungan jaring ikan sudah rusak, kita pernah mencoba membuatkan jenis tangkol untuk mencari kepiting, tidak berhasil, dan pernah juga kita buat usaha untuk mencari cumi-cumi dengan memancing.

Menjadi kendala dalam pengoperasian KM Jaya Samudera 29, menurut hasil keterangan Nakhoda, yang disampaikan adalah, pertama Kapal Motor tidak nyaman dalam penggunaan (oleng). Mesin 6 peston membutuhkan BBM solar terlalu banyak, mencapai 1drum setiap dioperasikan kelaut.

Masih menurut Kades Jumhari, nakhoda KM Jaya Samudera 29, sudah tidak mampu mengoperasikannya, menurutnya lebih baik membawa jenis KM biasa (jenis sampan).

Jumhari mengatakan jika ada bantuan jenis KM Jaya Samudera 29 lagi, tidak siap menerima, KM Jaya Samudera 29 adalah bentuk bantuan dari Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas usulan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), ujarnya.
(khairil)

Pos terkait