Wisata Menggoda di Pulau Salah Nama dan Pandang, Berbenah Membangun Dermaga

  • Whatsapp


Batubara, Bauanapos.net-

Sebagai salah satu destinasi wisata di Batu Bara dan Sumatera Utara, Pulau Pandang memiliki panorama bawah laut yang sangat cantik dengan dihiasi oleh terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni.

Menurut Wikipedia, Pulau Pandang adalah sebuah pulau kecil di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnama. Pulau tersebut memiliki panjang sekitar 500 m dan lebar 250 m.

Bacaan Lainnya

Lokasinya yang cukup terpencil di tengah lautan membuat para pengunjung harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk bisa sampai di Pulau Pandang. Karena jika mengikuti open trip, para pengunjung harus membayar biaya besar untuk perjalanan pulang pergi.

Kabupaten Batu Bara merupakan pemekaran dari Kabupaten Asahan, memiliki dua pulau indah menggoda dan menawan di pesisir timur.

Keindahan kedua pulau tersebut menarik minat wisatawan lokal, nasional bahkan mancanegara untuk berwisata dan merasakan langsung keunikan yang tersimpan di balik keindahannya.

Dengan air berwarna biru indah yang cukup jernih, memiliki ombak yang cukup tenang menjanjikan kenyamanan bagi siapa saja yang menceburkan diri di perairan pulau.

Keunikan lain yang dimiliki Pulau Pandang adalah tiga karakteristik pemandangan yang sangat unik karena saling berbeda.

Mengunjungi sisi Timur pulau yang menghadap ke negara tetangga Malaysia, akan kita temukan pantai dengan pasir putih yang lembut berpadu batu-batu granit yang berdiri menantang ombak.

Namun bila kita mengunjungi sisi Utara dan sisi Selatan Pulau Pandang, akan kita saksikan bibir pantai didominasi bebatuan dengan bentuk unik dan ombak yang cukup besar.

Bila kita menginginkan aktifitas berenang kita harus mengunjungi sisi Barat Pulau Pandang yang menghadap langsung daratan Kabupaten Batu Bara dengan ombak yang cukup tenang.

Pada sisi Utara kita akan menemukan pantai dengan pasir putih berbentuk melengkung kedalam, bak sebuah teluk berhiaskan bebatuan.

Bagi wisatawan yang mendambakan aroma mistis tidak salah bila berkunjung ke Pulau Pandang yang mungil dan masih asri tersebut.

Berkunjung ke Pulau Pandang kita akan disuguhkan sebuah Batu Belah yang dikisahkan dapat menelan manusia. Batu belah ini berupa batu besar yang terbelah secara rapi dan berada puncak bukit pada sisi Selatan Pulau Pandang.

Batu belah ini menurut Abdul Gani yang merupakan putra asli Batu Bara tersebut, dahulu adalah pekong tempat sembahyang orang Cina.

Melihat keindahan dan keunikan Pulau Pandang yang banyak dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi Batu Bara dan Sumatera Utara, Bupati Batu Bara Zahir menaruh minat untuk melakukan pembenahan di pulau ini.

Terkait hal itu, bersama Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA), Letkol Laut (P) Dafris dan Abdul Gani selaku Komisaris PT Pembangunan Bahtra Berjaya yang merupakan BUMD milik Pemkab Batu Bara mengunjungi Pulau Pandang, Sabtu (29/8/20).

Setelah menyaksikan keindahan dan keunikan Pulau Pandang, Bupati Zahir sembari istirahat mencetuskan rencana untuk membangun dermaga di pantai pulau tersebut.

Dermaga yang akan dibangun ini kelak akan memudahkan pendaratan kapal wisata yang lego jangkar di pulau.

Selain membangun dermaga yang direncanakan mulai tahun 2021 mendatang, Bupati Zahir juga membicarakan peningkatan sarana dan prasaran. Tujuannya untuk meringankan biaya perjalanan wisatawan dan memanjakan mereka agar betah di Pulau Pandang.

Komisaris PT Pembangunan Bahtra Berjaya khusus kepada Mistar dan Mistar.id membenarkan rencana pembenahan fasiltas di Pulau Pandang yang akan dimulai tahun 2021 mendatang.

Menjawab Mistar dan Mistar.id, Abdul Gani mengakui tidak tertutup kemungkinan BUMD plat merah milik Pemkab Batu Bara akan melibatkan diri dalam penanganan wisata di Pulau Pandang dan Pulau Salah Nama yang berjarak hanya sekitar 10 km arah Utara dari Pulau Pandang.

Disebutkan Abdul Gani saat ini fasilitas yang tersedia di Pulau Pandang diantaranya toilet, fasilitas permainan tali gantungan dan speedboat serta pondok tempat bersantai menghadap laut.
(Khairil)

Pos terkait