Pemdes Hutagaluh, Bahu Membahu Bersama Masyarakat Benahi Jalan Yang Rusak

  • Whatsapp

Serdang Bedagai. buanapos.com – 
Pemerintahan Desa Hutagaluh, bahu membahu bersama masyarakatnya untuk membenahi akses jalan Dusun 2 Bah Kuningan yang merupakan urat nadi perekonomian masyarakat.

Akses jalan yang sudah pernah dibangun dengan dana desa, acap kali  rusak, apa bila telah diguyur hujan, sehingga membuat warga sulit untuk mengeluarkan hasil pertaniannya (buah sawit) yang menjadi satu satunya penghasilan warga Hutagaluh. Bukan hanya itu saja, anak sekolahpun yang hendak pergi kesekolah menjadi sangat terganggu bahkan sering tidak dapat bersekolah.

Bacaan Lainnya

Hal ini disamplaikan Kepala Desa Hutagaluh, Rasman Purba kepada awak media, Sabtu (12/09/2020) pada saat Pemerintahan Desa mengadakan gotong royong bersama warga masyarakat Desa Hutagaluh di Dusun 2 Bah Kuninngan, Desa Hutagaluh, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai.

Dengan situasi dan kondisi ini, Rasman sebagai kepala Desa, berharap kepada Pemkab Serdang Bedagai agar memperhatikan keadaan jalan didaerahnya tersebut. Kerena menurutnya Dusun 2 Bah Kuningan merupakan lokasi pertanian sawit masyarakat nya, dari situlah hasil setiap harinya dan setiap minggunya masyarakat bergantung untuk biaya hidupnya.

” Selain akses jalan yang rusak juga ada akses jembatan yang putus dan sama sekali tidak dapat dijalani warga dengan sepeda motor, dan harus melalui jalan setapak melalui titi darurat terbuat dari potongan – potongan kayu dan kerap kali warga dapat terperosok ke sungai, sedangkan truk pengangkut buah sawit harus menerobos air sungai Bahisam itupun kalau air sungai tidak banjir. Hal ini merupakan hambatan perekonomian warga juga  bagi anak-anak kami yang hendak pergi sekolah, ” paparnya.

Kami atas nama pemerintahan Desa Hutagaluh mohon diperhatikan oleh Pemkab Serdang Bedagai, agar dapat menbantu kami warga disini demi kelangsungan hajat hidup oarang banyak dan masa depan pendidikan anak – anak kami di desa,” harap Rasman.

Hal senada juga diungkapkan Robin Sinaga salah seorang tokoh masyarakat, bahwa” satu satunya harapan masyarakat adalah jalan dapat bagus, sehingga sumber perekonomian masyarakat dapat lebih meningkat. Karena kalau jalan rusak ongkos tranportasi buah sawit kami semakin tinggi dan hampir semua warga Desa Hutagaluh mempunyai lahan sawit di dusun 2 Bah Kuningan ini. Kalau diperkirakan luas perkebunan sawit warga di Bah Kuningan ini ± 1000 Ha, yang dimiliki warga Desa Hutagaluh maupun warga luar  , ” jelas Robin.

Ditambahkan kepala Dusun 2 Bah kuningan, Tuasi Sidabutar ,” kalau jalan sampai tutup, tutup jugalah ekonomi kami disini. Memang dulu masa kades yang lama jalan ini sudah pernah diperbaiki beberaoa tahun yang silam, namun namanya jalan kalau setiap hari dilewati lama kelamaan juga haus dimakan usia. Untuk itu kami berharap kepada Pemkab Serdang Bedagai, sudilah kiranya untuk memikirkan kelanjutan atau masa depan masyarakat Dusun  2 Bah Kuningan ini, karena per minggunya buah sawit yang di panen lebih dari 200 ton yang dikeluarkan petani ” pungkasnya.

Tampak pada kegiatan gotong royong ini, seluruh warga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, karang taruna, selain kaum bapak, kaum ibu juga ikut turun tangan, dengan harapan kegiatan ekonomi mereka dapat  berjalan, walaupun selama ini selalu terhalang, apalagi bila hujan turun. (Baroes). 

Pos terkait