Musrenbangdes, Desa Kotarih Pekan Akan Lanjudkan Infrastruktur yang Tertunda di Tahun 2020

  • Whatsapp

Serdang Bedagai. buanapos.com –

Hal ini dikemukan Kades Kotarih Pekan, Rasmini Sitopu dalam sambutan arahannya pada musrenbangdes Desa Kotarih Pekan, Jum’at ( 18/09/2020) yang berlangsung di kantor Desa Kotarih Pekan, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai. 

Bacaan Lainnya

Rasmini Sitopu juga, mengucapkan terimakasih atas antusias masyarakat dalam pembahasan musrenbangdes di tahun 2020 untuk dianggarkan pada tahun 2021 mendatang, ” ditahun 2020 anggaran pembangunan infrastruktur kita tidak dapat dlilaksanakan sehubungan adanya wabah  Covid-19, mudah mudahan Covid-19 tidak berkelanjutan, sehingga kita dapat melanjudkan pembangunan infrastruktur ditahun anggaran 2021.dengan harapan pada musrenbang kali ini agar warga mengusulkan apa yang mau dibangun dan direncanakan dengan mengesampingkan kepentingan pribadi dan golongan, ”  papar Rasmini Sitopu, Kades Kotarih Pekan. 

Musrenbangdes ini dihadiri, Camat Kotarih diwakili Sekcam Budiaman Damanik SKM, Kasi PMD Khairul Husni beserta staf, Kepala Desa Kotarih Pekan Rasmini Sitopu , ketua BPD Esron Perangin angin beserta jajarannya , Babinsa Sertu Widodo dari Koramil 17 Kotarih, bhabinkamtibmas Aipda H Simanjuntak, para perangkat Desa, Bidan Desa, ketua LKMD, PKK, karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Pendapding desa Carlos Siahaan, Ade Surya, PLD Ramadhan Saragih dan para undangan utusan dari Dusun-Dusun. 

Musrenbangdes dibuka oleh Ketua BPD Desa Kotarih Pekan, Esron Perangin – Angin ,dengan harapan agar dalam musawarah, para peserta memberikan usulan-usulan yang akan dimusawarah dan dibahas sebagai skala prioritas. 

Camat Kotarih L Naibaho S.Sos yang diwakili Sekcam Budiaman Damanik SKM dalam sambutan arahannya, mengharapkan musrenbangdes merupakan gawenya BPD dalam menampung aspirasi masyarakat yang sipatnya untuk kepentingan umum, yang mencakup beberapa bidang yakni, 1.Bidang penyelenggaraan pemerintah.
2.Bidang Pembangunan.
3.Bidang pembinaan. 
4.Bidang pemberdayaan. 
5.Bidang tak terduga (kedaan darurat, penanggulangan bencana).

Sekcam Budiaman Damanik SKM juga menyarankan agar usulan-usulan mencakup semua didang ini,agar dapat menjadi tolak ukur dalam APBDes dan akan tertuang sebagaimana mestinya. 

Dalam acara tanya jawab atau usulan-usulan warga yang dipimpin ketua BPD, Esron Prangin angin, maka dapatlah ditampung beberapa usulan antara lain, pembangunan beronjong, kelanjutan rabat beton, beronjong dibelakang rumah kades lama, rambu batas wilayah antar dusun, jalan lingkar kotarih pekan, penggantian pipa air dan perawatan mesin lama, pelayanan air minum, meninjau kembali jalan protokol serta mengusulkan pengaspalan, diberdayakannya Polides Paritokan dan tenaga medis, leningan dusun 3, kamar mandi untuk PKK, memperhatikan kader posyandu yakni insentif nya, depot air minum dilanjudkan pembuatannya, pembentukan para kader lansia. 

Usulan-usulan ini akan dibahas oleh tim veripikasi yang dimasukkan pada skala prioritas tahun anggaran 2021 Desa Kotarih Pekan . (Baroes). 

Pos terkait